Anak Pemalu Bukan Cuma Karena Kepribadiannya

By Gisela Niken, Kamis, 25 Februari 2016 | 04:30 WIB
Anak Pemalu Bukan Cuma Karena Kepribadiannya (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Ketika anak lain sudah memiliki teman, si kecil masih saja malu-malu untuk mulai berteman dengan lingkungan sekitarnya. Mama perlu mengetahui ada beberapa penyebab mengapa anak jadi pemalu, dan perlu cara-cara tertentu untuk mengatasinya.Baca juga: Kiat Agar si Pemalu Mendapatkan Teman

1. Temperamen bawaanGerakan yang dibuat oleh janin saat di dalam kandungan sudah menunjukkan pribadi anak tersebut di kemudian hari. Janin yang bergerak dengan aktif sangat berpotensi menjadi anak yang aktif. Begitu pula sebaliknya. Hal ini biasa disebut dengan temperamen bawaan. Banyak hal yang memengaruhinya, salah satunya perasaan Mama ketika hamil.

Selain itu, temperamen bawaan juga diturunkan secara genetis. Anak yang pemalu bisa jadi disebabkan oleh Mama atau Papa yang punya sifat pemalu. Mama tidak bisa mencegah terjadinya sifat bawaan ini. Tapi, Mama bisa membentuk temperamen bawaan ketika Mama hamil. Mama yang bahagia saat hamil akan berdampak baik bagi emosi anak di kemudian hari.

2. Pola pengasuhan orangtuaAnak yang pemalu bisa jadi karena pola pengasuhan orangtua. Terlalu keras pada anak juga membuat anak jadi tidak percaya diri dan memicu sikap pemalu. Ia tidak merasa yakin akan kemampuan dirinya sendiri karena Mama dan Papa sering menganggap apa yang ia lakukan salah. Anak yang kurang kasih sayang juga bisa menjadi pemalu, lo. Anak akan cenderung merasa tidak diperhatikan di lingkungan sosialnya.

Mama yang terlalu melindungi si kecil juga berpotensi membuat anak menjadi pemalu. Anak yang tidak terbiasa melakukan apa-apa sendiri akan kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Ia akan menunjukkan rasa malu karena tidak dalam zona nyamannya. Baca juga: Introver atau Pemalu? 

3. Tidak ada contohJika tak ingin punya anak pemalu, Mama harus mencoba untuk menunjukkan padanya bahwa tidak ada yang menakutkan dalam proses berteman. Cobalah menunjukkan padanya bagaimana Mama bertemu dengan teman Mama. Tunjukkan pula padanya bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Ia akan dengan mudah mengikuti perilaku yang dicontohkan oleh Mama.Baca juga: Cara Jitu Hadapi Si Pemalu 

Itu dia tadi beberapa penyebab anak pemalu  yang Mama juga perlu tahu. Mama bisa mengatasi anak pemalu dengan memberikan ia waktu. Sulit bagi seorang anak pemalu untuk lepas dari rasa malunya. Dampingi ia terus sambil memberikan waktu padanya untuk beradaptasi. Mama juga perlu menggali apa yang dirasakan anak, agar Mama bisa menolongnya dengan cara yang tepat. (Niken)