Dari Insomnia Sampai Berat Badan Bayi Lahir Rendah, Ternyata Ini Sederet Risiko Apabila Terlalu Banyak Minum Kopi Selama Hamil

By Syifa Amalia, Rabu, 2 Maret 2022 | 17:43 WIB
Risiko yang bakal terjadi bila ibu hamil terlalu banyak minum kopi (Pixabay.com/christoph)

Nakita.idMasa kehamilan bagi ibu merupakan momen yang membahagiakan sekaligus melelahkan.

Meskipun merasa lebih lelah, hal ini adalah normal selama kehamilan.

Selain itu, lelah bisa menjadi tanda kalau Moms membutuhkan lebih banyak tidur, mengalami peningkatan stres, atau mungkin tidak mendapatkan cukup zat besi.

Adakalanya Moms ingin minum kopi agar memiliki energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Bagi Moms yang terbiasa minum kopi pasti sulit untuk mengurangi apalagi menghentikan konsumsi kopi setiap harinya.

Namun, amankah minum kopi bagi ibu hamil?

Mengutip dari What to Expect, tidak apa-apa bagi kebanyakan ibu hamil untuk minum kopi berkafein dalam jumlah terbatas selama kehamilan.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, ibu harus membatasi total asupan kafein hingga kurang dari 200 miligram per hari.

Angka tersebut dapat setara dengan secangkir setengah kopi, tetapi bergantung jenis, merk dan ukuran mug yang bervariasi. Itulah penting untuk menanyakan berapa ukuran masing-masing sebelum memesan.

Baca Juga: Mitos vs Fakta Kehamilan: Apakah Terlalu Banyak Minum Kopi Berbahaya untuk Ibu Hamil?

Hal yang perlu Moms tahu ternyata minum kopi dalam jumlah yang terlalu banyak dapat memberikan masalah bagi ibu hamil maupun kandungan yang sedang berkembang.

Kafein melewati plasenta, sehingga akan memasuki aliran darah bayi. Sistem pencernaan janin tidak dapat memetabolisme kafein secara efisien.