Sering Dilakukan, Siapa Sangka Kebiasaan Memakai Earphone Jadi Pemicu Utama Jerawat di Bagian Berisiko Ini, Jangan Lagi Dilakukan!

By Syifa Amalia, Jumat, 4 Maret 2022 | 14:09 WIB
Kebiasan buruk memakai earphone yang dapat menimbulkan jerawat. (pexels.com/ Jess Bailey Designs)

Nakita.id – Muncul jerawat di wajah terkadang tidak hanya menganggu penampilan tetapi juga menimbulkan rasa tidak nyaman ya, Moms.

Apalagi seringkali kita tidak bisa menahan untuk tidak memencet jerawat-jerawat yang menganggu itu.

Tindakan tersebut sama sekali tidak disarankan karena dapat menimbulkan masalah baru seperti peradangan, muncul jaringan parut, bahkan meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi.

Jerawat dapat muncul begitu saja di area tertentu pada wajah, termasuk di telinga.

Pada umumnya, jerawat yang muncul di telinga sama seperti jerawat yang sering timbul di wajah.

Marisa Garshick, MD, asisten profesor klinis dermatologi di Cornell-New York Presbyterian Medical Center mengatakan hal serupa seperti yang dikutip dari Livestrong, "Mereka terjadi karena alasan yang sama seperti seseorang akan mengalami jerawat di lokasi lain, seperti meningkatnya produksi minyak, pori-pori tersumbat, bakteri atau peradangan.”

Selain faktor yang disebabkan hal tersebut, jerawat yang muncul di telinga ternyata dapat terjadi karena kebiasan buruk ini, Moms.

Apa saja?

Berikut ini adalah penyebab yang dapat membuat jerawat telinga lebih mudah berkembang, antara lain seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Baca Juga: Bisa Bikin Tetangga Geger karena Saking Panglingnya, Begini Cara Menghilangkan Jerawat Meradang Hanya dengan Biji Jagung

1. Terlalu Sering Menggunakan Earphone, Earbud, atau Headphone

Penggunaan perangkat tersebut terlalu sering berpotensi untuk terjadinya penumpukan kotoran apalagi apabila tidak dibersihkan secara teratur terutama pada bulatan speaker kecilnya.