Nyaman Saat Terbang Jarak Jauh bersama Si Kecil

By Dini, Kamis, 18 Februari 2016 | 04:45 WIB
Nyaman Saat Terbang Jarak Jauh bersama Si Kecil (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Meminta anak umur dua tahun diam, itu seperti sebuah mission impossible. Karena memang sudah dari sononya, anak batita ingin selalu bergerak dan mengeksplorasi sekitarnya. Mereka mudah bosan, dan Mama harus selalu memutar otak untuk membuatnya sibuk.

Nah, bagaimana jika Mama mengajak si kecil liburan keluarga? Membuatnya harus duduk diam selama berjam-jam di dalam pesawat pasti membuat Mama stres duluan. Namun, stres itu pasti muncul karena Mama tak punya persiapan sebelum berangkat. Ingin tahu apa yang harus disiapkan agar Mama nyaman terbang jarak jauh bersama si kecil?

1. Berikan pakaian yang nyaman untuk si kecil. Kenakan sepatu yang mudah dilepaspasang. Siapkan juga piyama jika perjalanan berlangsung pada malam hari, dan mendekati waktu tidur si kecil. Bila perlu, bawakan bantal kecilnya, boneka beruangnya, juga selimut kesayangannya agar ia merasa seperti tidur di kamarnya sendiri.

Baca: Serasa Liburan di Maladewa, ini Pantai Eksotis di Jepara

2. Bawakan buku-buku menggambar dan mewarnainya, berikut krayon dan peralatan mewarnai lainnya. Anak-anak pasti suka mewarnai, dan mewarnai gambar bersama Papa dan Mama di atas pesawat pasti membuahkan pengalaman baru baginya. Ini juga menjadi kesempatan untuk meningkatkan bonding dengan anak, bukan?

3. Selain boneka berbulu yang biasa menjadi teman tidurnya, Mama juga bisa menyiapkan boneka yang lain. Misalnya Fly with Me Animals, rangkaian mainan boneka untuk balita dan anak-anak dari Emirates. Ada empat boneka binatang yang tersedia di dalam pesawat dan lounge Emirates selama musim liburan, yaitu Lewis the Lion dari Afrika, Peek U the Panda dari China, Enrico the Monkey dari Amerika Latin, dan Leila the Camel dari Timur Tengah. Masing-masing karakter mewakili wilayah yang berbeda, sehingga anak-anak bisa belajar mengenal habitat binatang.

Baca: Keluarga Seperti Sedang Liburan Ke Eropa Kalau Datangi Tempat Ini, padahal di Bandung

4. Agar si kecil tidak kedinginan selama dalam perjalanan, hangatkan tubuhnya dengan selimut. Cuddle Buddy, salah satu rangkaian boneka Fly with Me Animals, selain bisa digunakan sebagai mainan ternyata juga nyaman dipakai sebagai selimut berkat bahannya yang lembut.5. Untuk anak-anak yang biasa dibacakan dongeng sebelum tidur, jangan lupa membawa buku-buku bacaannya. Tetapi jika lupa, Mama bisa membuka majalah The Fly with Me dari Emirates yang menampilkan kisah Lewis the Lion, Peek U the Panda, Enrico the Monkey, dan Leila the Camel. Si kecil akan punya teman-teman baru dari kehadiran tokoh-tokoh ini.

Baca: Liburan Keluarga ke Malaysia, Kunjungi 2 Kota Ini

6. Untuk Si Pembosan, siapkan tas tersendiri yang berisi berbagai perlengkapan bermainnya. Penerbit buku panduan wisata Lonely Planet menyediakan tas aktivitas berisi peralatan perjalanan untuk anak-anak yang tersedia di pesawat. Ada empat pilihan tas The Fly with Me Lonely Planet, yaitu dua Retro-Style Rucksacks, dan dua Cool Bags. Isinya antara lain peta dunia, jurnal perjalanan, botol minum plastik, kartu berisi fakta-fakta dunia, dan buku-buku pendidikan populer lain.7. Nonton film dan mendengarkan musik kesayangan juga pasti akan dirindukan anak. Manfaatkan sistem hiburan ice digital widescreen yang menawarkan lebih dari 25 saluran TV untuk anak-anak, dan 40 film klasik Disney. Mendengarkan suaranya melalui headphone warna-warni dengan ukuran lebih kecil namun dengan kualitas suara yang tinggi, akan menambah pengalaman menonton buat anak.

Baca: 14 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta yang Mama Belum Tahu

8. Jalan-jalan tidak akan lengkap tanpa membawa kudapan. Karena, cemilan ringan juga bisa membantu menenangkan anak. Bawakan kudapan kesukaannya, entah itu puding, biskuit dengan selipan keju, buah, kue, atau cokelat. Agar tidak repot, sisihkan saja dessert dari baki makanan Mama untuk si kecil.9. Yang lebih penting dari semua itu, bangun kegembiraan menghadapi liburan selama perjalanan. Dorong agar anak selalu berperilaku baik, selalu mengucapkan terima kasih setelah menerima pemberian dari pramugari, atau mengucapkan tolong jika meminta sesuatu. Bantu anak membangun memori tentang liburan ini dengan selalu mengingat apa saja yang baru dilihat atau dialaminya. Ketika pulang, anak pasti membawa kenangan yang berkesan!

Baca: 9 Destinasi Keren di Bogor untuk Keluarga

"Kami tahu betapa menantangnya bagi orangtua untuk menjaga anaknya tetap duduk dan bahagia selama berada di pesawat. Kami menjamin semua aspek yang diperlukan selama penerbangan terpenuhi, mulai dari mainan, hiburan untuk anak-anak hingga makanan spesial dan area check-in untuk keluarga,” kata Adel Al Redha, Executive Vice President and Chief Operations Officer Emirates.Nah, Mam, enggak khawatir lagi kan, jika harus terbang berjam-jam bersama si kecil? Terbang jarak jauh bersama si kecil juga bisa nyaman asal Mama sudah menyiapkan semua bekalnya!