Tolong Berlindung! BMKG Mendadak Beri Peringatan pada Minggu 6 Maret 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, Hampir Semua Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Lebat Hingga Angin Kencang, Kecuali 3 Provinsi Ini

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 5 Maret 2022 | 19:22 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada 6 Maret 2022 (Pexels.com)

Nakita.id - Sebelum melakukan perjalanan jauh, baiknya Moms dan Dads harus mengetahui prediksi cuaca pada Minggu 6 Maret 2022.

BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merupakan salah satu badan yang memang disiapkan untuk memberikan laporan cuaca setiap hari.

BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada masyarakat bila terdeteksi dalam sistem. 

Hal ini agar Moms dan Dads bisa dengan tenang melakukan aktivitas di luar atau di dalam rumah.

Dengan mengetahui cuaca yang akan terjadi pula, Moms dan Dads bisa bersiap-siap untuk menghadapinya.

Dari pengumuman BMKG, ada 28 wilayah yang akan mengalami cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem ini meliputi hujan lebat yang disertai kilat hingga terjadinya angin kencang.

Bukan tanpa alasan BMKG beri peringata cuaca ekstrem pada Minggu 6 Maret 2022.

Deputi Bidang Meteorologi menyampaikan adanya Sirkulasi Siklonik terpantau di Kalimantan Barat bagian utara, di sebelah utara perairan Maluku Utara dan di wilayah Nusa Tenggara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di pesisir barat Sumatera Utara hingga Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan di Jawa Timur.

Baca Juga: Tolong Berlindung! BMKG Mendadak Beri Peringatan pada Sabtu 5 Maret 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, Hampir Semua Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Lebat Hingga Angin Kencang, Kecuali DKI Jakarta

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari perairan selatan Bali hingga Lombok, NTT, Sulawesi Tengah, Pulau Buru hingga pulau Seram, dan dari Papua Barat hingga Papua.

Serta daerah konfluensi terpantau dari perairan barat Lampung hingga Laut Jawa bagian barat, Kalimantan bagian selatan dan di Maluku bagian tenggara.