Jangan Sampai Tubuh Kekurangan Kalium, Dampaknya Bisa Berbahaya untuk Ginjal hingga Jantung, Perbanyak Konsumsi Ini Dulu Moms!

By Syifa Amalia, Minggu, 6 Maret 2022 | 14:28 WIB
Kekurangan natrium dapat menganggu kesehatan jantung dan ginjal (Pixabay.com/kaboompics)

Nakita.id – Tahukah Moms, kalau tubuh kita membutuhkan kandungan mineral untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh.

Mineral yang cukup banyak ditemukan dalam buah dan sayuran adalah kalium atau disebut juga potasium.

Kalium ini memiliki peranan yang penting dalam tubuh seperti membantu jantung dan ginjal berfungsi dengan baik.

Selain mendukung fungsi tersebut, kalium juga membantu fungsi-fungsi seperti membantu kontraksi otot, transmisi saraf, menjaga keseimbangan cairan, dan menjaga tekanan darah normal.

Dalam jantung misalnya yang terdapat otot, membutuhkan elektrolit untuk berdetak. Untuk berkontraksi, otot menggunakan elektrolit untuk membawa energi.

Tanpa elektrolit yang cukup dalam tubuh, jantung tidak akan dapat berfungsi dengan baik.

Kendati demikian, kandungan kalium yang berlebih tidak berdampak baik pada tubuh. Kelebihan kalium dikenal dengan hiperkalemia.

Sama halnya apabila tubuh kekurangan kalium akan timbul penyakit yang namanya hipokalemia.

Melansir dari Livestrong, tanda-tanda kadar kalium rendah adalah kram otot, kelumpuhan, irama jantung yang tidak normal, jantung berdebar-debar, dan masalah ginjal.

Baca Juga: Memiliki Manfaat yang Luar Biasa Untuk Menjaga Kesehatan Jantung, Ternyata Anggur Aman Untuk MPASI Anak

Menurut Cleveland Clinic, dalam kasus ekstrem, dapat menyebabkan gejala sakit perut, diare, sakit dada, detak jantung tidak teratur, cepat atau berdebar-debar, kelemahan otot, mual hingga muntah.

Kadar kalium yang rendah dapat disebabkan oleh muntah yang berlebihan atau diare, berkeringat terlalu banyak, terlalu banyak minum alkohol, minum obat diuretik, antibioutik, dan kortikosteroid, asupan kalium rendah, gangguan adrenal,dan mengalami masalah ginjal.