Kenali Perilaku Anak Umur 2 Tahun

By Gisela Niken, Selasa, 16 Februari 2016 | 06:30 WIB
Kenali Perilaku Anak Umur 2 Tahun (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Usia dua tahun menjadi usia yang sangat berhubungan dengan emosi si kecil. Di usia ini anak sudah mulai mengenal cara menolak dan menunjukkan apa yang tidak ia suka. Tapi ada beberapa hal menyenangkan dari perilaku anak umur 2 tahun yang perlu Mama kenali.Baca juga: Mulai Stres dengan Perilaku Balita? Ingat 8 Hal Ini! 

1. Tidak mengenal takutPada umur 2 tahun, si kecil senang mengeksplorasi sekitarnya. Kata takut tidak ada di dalam kosa katanya. Ia akan bermain apapun dan mencoba apapun. Hal ini tentu baik dalam tumbuh kembangnya. Mama hanya perlu memberikan pengertian setelah anak mencobanya. Jika terlalu banyak larangan, si kecil akan tumbuh menjadi anak yang takut dan mudah menyerah.

2. Senang membantuBersiaplah memiliki asisten baru, Mam. Si kecil yang sudah mulai bisa berjalan dan memegang berbagai jenis benda memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Ia tak segan mencampuri urusan Mama seperti memasak. Jangan merasa terganggu dengan perilakunya ya, Mam. Beri tugas yang mudah dan tidak berbahaya.

3. Menjadi cengengMenangis pada anak usia dua tahun menggambarkan sesuatu yang ingin ia sampaikan seperti ketakutan, ketidakpuasan, hingga kecemasan. Untuk mengatasinya, Mama harus masuk ke dalam dunianya. Cobalah mengerti kenyamanan seperti apa yang ia butuhkan. Jika ada hal buruk yang ia lakukan, berikan alasan mengapa perbuatan tersebut buruk.Baca juga: Jangan Beri Label "Anak Cengeng" 

4. Suka teriak-teriakPenyebab anak yang suka teriak-teriak bervariasi lo, Mam. Bisa jadi itu caranya meluapkan emosi sebab tidak bisa menyampaikannya. Di sisi lain, berteriak sebagai tanda ia sedang cari perhatian. Mama perlu introspeksi diri, bisa jadi ia berteriak karena meniru kebiasaan orang di rumah yang senang berteriak.

5. Sangat aktifDi usia ini si kecil sedang aktif-aktifnya bergerak. Hal ini juga berakibat ia jadi sering cedera lo, Mam. Pengawasan ekstra sangat dibutuhkan dalam hal ini. Selain itu, pastikan sekitar rumah aman seperti menghindari hal-hal yang lancip seperti meja.

Baca juga: Ini Alasan Anak Umur 2 Tahun Sering Cedera 

Perilaku pada anak umur dua tahun menjadi momen penting bagi tumbuh kembangnya. Jangan terlalu banyak memarahinya dan biarkan ia mengeksplorasi dunianya. (Niken/Huffington Post)