Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi 0-6 Bulan Tak Boleh Sembarangan, Tolong Jangan Lakukan Hal Ini karena Bisa Berakibat Fatal

By Syifa Amalia, Selasa, 8 Maret 2022 | 15:59 WIB
Cara mengatasi cegukan pada bayi 0-6 bulan (Pixabay.com)

Nakita.id – Sebagian ibu baru terkadang tidak tahu cara mengatasi cegukan pada bayi 0-6 bulan.

Moms terlanjur panik lantaran Si Kecil tidak kunjung berhenti dari cegukannya.

Biasanya cegukan berlangsung selama beberapa menit dan dapat berhenti secara alami dengan sendirinya setelah pemicunya hilang.

Pemicu yang sering membuat bayi cegukan biasanya disebabkan oleh Moms memberikan ASI terlalu banyak.

Selain itu, bayi yang minum susu botol juga cenderung mengalami cegukan karena mereka menelan banyak udara bersama susu.

Bebebapa kondisi lingkungan juga turut memicu bayi untuk cegukan seperti udara yang penuh debu, pulutan, bau pekat yang dapat membuat mereka mulai batuk.

Jika batuk berlanjut terlalu lama, tekanan yang diberikan pada diafragma menyebabkan kontraksi dan, akibatnya adalah cegukan.

Untuk mencegah cegukan, Moms bisa memulainya dengan menyusui Si Kecil dalam porsi kecil namun dengan interval yang sering.

Kemudian, sendawakan bayi setidaknya 2-3 kali setiap makan untuk mencegah udara menumpuk di perut mereka, terutama jika Moms mendengar suara menyeruput yang berarti tandanya mereka menelan banyak udara dengan makanan mereka.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi 0-6 Bulan, Moms Bisa Mengelus Anak pada Bagian Ini

Perihal cara mengatasi cegukan pada bayi 0-6 bulan, ada beberapa hal yang harus dihindari. Pasalnya, apabila Moms melakukan beberapa hal berikut ini dapat membayakan bayi.

Melansir dari Parenting Firstcry, saat bayi cegukan beberapa metode ini tidak disarankan karena dapat menyebabkan komplikasi serius. Apa saja?