Para Ibu Rumah Tangga Harus Tahu, Ini Sederet Kesalahan yang Kerap Tak Disadari Jadi Penyebab Kulkas Cepat Rusak

By Kirana Riyantika, Rabu, 9 Maret 2022 | 17:43 WIB
Ini penyebab kulkas cepat rusak (Pexels.com/Dayvison de Oliveira Silva)

Nakita.id - Salah satu alat elektronik yang wajib dimiliki ibu rumah tangga masa kini adalah kulkas.

Kulkas berfungsi untuk menyimpan bahan makanan supaya lebih tahan lama. Sehingga, Moms bisa menyimpan bahan makanan sejenak untuk diolah lain waktu.

Kulkas dirancang secara khusus untuk menjaga suhu yang ada di dalamnya menjadi lembab sehingga bahan makanan atau produk lain yang disimpan bisa bertahan lebih lama.

Namun, bagaimana jika lemari pendingin ini tak bekerja maksimal?

Tidak dinginnya kulkas pertanda ada masalah di salah satu atau beberapa komponennya yang pastinya akan mengganggu fungsinya dalam menjaga kesegaran makanan.

Untuk membantu memperbaiki kulkas yang tidak dingin, yuk kenali berbagai penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

1. Mengisi kulkas terlalu penuh

Sebagai salah satu peralatan elektronik yang digunakan bersama di rumah, kulkas memang harus bisa menampung kebutuhan setiap anggota keluarga.

Isi kulkas yang overloaded, bukanlah hal baru yang dialami hampir semua rumah tangga.

Baca Juga: Pikir-pikir Dulu Kalau Mau Mematikan Kulkas Terlalu Sering, Bukannya Menghemat Tagihan Listrik Malah Efek Buruk Ini yang Bakal Terjadi

Idealnya, 1 orang membutuhkan 50 liter volume kulkas, sehingga akan dibutuhkan kulkas bervolume minimal 200 liter untuk keluarga beranggota 4 orang.

Gunakan prinsip first in first out dan batasi waktu simpan makanan agar kulkas tidak cepat penuh dan kesegaran makanan selalu terjaga.