Daftar Kegiatan Menyenangkan Bersama Batita

By Gisela Niken, Rabu, 10 Februari 2016 | 05:13 WIB
Daftar Kegiatan Menyenangkan Bersama Batita (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kegiatan untuk si kecil di bawah umur tiga tahun berbeda dengan usia menjelang balita lo, Mam. Bayi usia satu hingga dua tahun masih banyak membutuhkan stimulasi. Berikut daftar kegiatan menyenangkan bersama batita. Tidak hanya menyenangkan, kegiatan ini pasti aman dan tidak terlalu melelahkan:

1.Bermain airKegiatan menyenangkan bersama batita sebenarnya tidak rumit lo, Mam. Siapkan sebuah ember kecil dan isi dengan air. Jangan lupa berikan gelas atau bola untuk membantunya bermain. Mama bisa meminta anak mengambil dan menuang air dari ember satu ke ember lainnya. Atau bermain bola di atas air tersebut. Awasi si kecil jangan sampai bermain air membuatnya cedera.Baca juga: Cara Membuat Anak Suka Mandi 

2. Bermain catUmumnya, cat menjadi salah satu barang yang dihindari karena dapat membuat rumah berantakan. Meski begitu, cat juga bisa menjadi benda mengasyikkan dijadikan sarana bermain. Agar tidak tercecer ke mana-mana, alasi area bermain cat dengan plastik. Tumpahkah cat sedikit demi sedikit. Lihatlah bagaimana campuran kedua cat mengubah warna. Bermain cat membuatnya belajar berbagai macam warna dan memicu imajinasinya. Hanya saja, demi keamanan, pilih cat bebas timbal dan merkuri.

3. Bermain alat musik buatanSetiap batita senang dengan suara musik dan memainkan alat musik. Untuk menjawab rasa penasarannya, Mama dapat melakukan kegiatan menyenangkan bersama batita dengan menyiapkan botol plastik dan biji-bijian. Masukkan biji-bijian itu ke dalam botol plastik lalu guncangkan. Biarkan si kecil mendengar suara khas dari botol tersebut. Si kecil pasti senang bermain dengan alat musiknya.Baca juga: 4 Manfaat Musik Bagi Anak  

4. Bermain gelembung airSiapa yang tidak senang bermain gelembung? Agar aman, Mama bisa membuat cairan gelembung sendiri. Mama hanya perlu mencampurkan  sabun cair dan air secukupnya. Mama bisa bermain di luar ruangan agar si kecil dapat berjalan ataupun berlari.

Permainan sederhana ternyata bisa juga jadi kegiatan menyenangkan bersama batita. Di masa pertumbuhannya biarkan ia bergerak dengan bebas ya, Mam. (Niken/Parenting)