Kaget saat Batuk Tiba-tiba Keluar Darah? Waspadai Penyebabnya Bisa Jadi Peradangan Lambung Atau Bahkan Kanker

By Kintan Nabila, Minggu, 13 Maret 2022 | 07:00 WIB
Penyebab batuk-batuk sampai muntah darah (freepik/katemangostar)

Nakita.id - Pernahkah Moms batuk terlalu keras sampai mengeluarkan darah? Kondisi saat keluar darah dari mulut atau muntah darah disebut hematemesis. Saat dilakukan pemeriksaan oleh dokter nanti kita akan ditanyai warna darah yang keluar dan berapa banyak? Mengutip dari Healthline, apabila darah berwarna merah segar, artinya ada gangguan di kerongkongan atau lambung. Sedangkan darah yang berwarna merah kecoklatan atau hitam biasanya disebabkan oleh pendarahan yang sudah lama terjadi dalam tubuh.

Melansir dari NHS, berikut sejumlah penyebab muntah darah yang paling umum, antara lain: 1. Peradangan lambung Peradangan lambung bisa menyebabkan muntah darah.

Penyebab pendarahan lambung bisa berasal dari tukak lambung atau peradangan pada lapisan lambung (gastritis). Baca Juga: Sempat Muntah Darah Sampai Tubuh Membiru, Bayi 2 Tahun Ini Meregang Nyawa karena Baterai

2. Varises esofagus Varises esofagus adalah pembengkakan vena di bagian bawah saluran makanan atau esofagus yang disebabkan karena penyakit liver. Biasanya, muntah darah karena varises esofagus tidak menimbulkan rasa sakit. 3. Asam lambung kronis Penyakit asam lambung kronis atau gastro esophageal reflux disease (GERD) yang parah bisa memicu muntah darah. Kondisi ini disebabkan oarena kerongkongan yang cedera atau robek ketika teriritasi asam lambung. 4. Mimisan Kita kita mengalami mimisan yang cukup parah, ada kemungkinan sebagian darah akan tertelan dan keluar lewat mulut. Warna darah yang keluar biasanya berwarna hitam atau cokelat gelap. Baca Juga: Perhatikan Batuk yang Anda Alami, Bila Ada Rasa Gatal di Tenggorokan Seperti Ini Bisa Jadi Termasuk Batuk Corona

5. Keracunan Seseorang bisa mengalami muntah darah ketika ia tak sengaja menelan racun. Racun berbahaya tersebut misalnya seperti cairan asam yang bersifat korosif atau racun arsenik. 6. Gangguan darah Muntah darah terkadang juga bisa menandakan penyakit yang berkaitan dengan gangguan darah. Misalnya seperti kadar trombosit rendah, leukemia, hemofilia, atau anemia. 7. Kanker kerongkongan, lambung, atau hati Muntah darah juga bisa menjadi gejala awal kanker kerongkongan, lambung, atau hati, meskipun terbilang jarang. Gejalanya dimulai dari muntah darah dengan frekuensi yang sering dan berat badan turun drastis tanpa sebab jelas.

Baca Juga: Bayi Batuk-batuk dan Napasnya Berbunyi. Dikira Kena Flu, Ternyata inilah yang Terjadi..