Asupan Makanan Saat Anak Diare

By Gisela Niken, Selasa, 9 Februari 2016 | 02:30 WIB
Asupan Makanan Saat Anak Diare (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Diare menjadi penyakit yang umum terjadi pada anak terutama pada usia satu hingga tiga tahun. Umumnya gangguan kesehatan ini disebabkan apa yang si kecil makan. Karena itu Mama perlu memperhatikan asupan makanan saat anak diare agar mempercepat proses penyembuhannya.

Jika si kecil mengalami diare, Mama dapat memberinya buah-buahan, sayuran, serta daging tanpa lemak. Mama juga perlu memperhatikan porsi makan yang diberikan. Si kecil perlu makan lebih sering dari biasanya, tetapi dengan porsi setengah setiap kali makan.

Tidak hanya makanan, Mama juga perlu memperhatikan minuman saat anak diare. Seperti orang dewasa, anak membutuhkan banyak cairan untuk menggantikan cairan yang keluar saat diare. Jika menderita diare ringan, Mama dapat memberikan ASI atau susu formula seperti biasa tanpa tambahan cairan khusus. Ketika menderita diare berat, barulah anak diberikan cairan yang mengandung elektrolit.

Tingkat keparahan diare juga menentukan seberapa banyak makanan atau minuman yang boleh diberikan. Anak yang buang air besar empat hingga lima kali perlu diberikan setengah porsi dari yang biasa ia makan. Jika anak buang air besar lebih dari lima kali, Mama perlu mencampurkan minumannya dengan elektrolit.

Mama juga perlu memperhatikan asupan makanan saat anak diare agar tidak makin memperparah kondisi si kecil. Sebaiknya hindari produk susu, kecuali yoghurt yang dapat membantu usus lebih cepat sembuh. Jangan pula memberikan makanan dan minuman yang terlalu manis seperti soda. Gula dapat menarik air ke dalam usus dan membuat diare justru makin parah. (Niken/Live Strong)