Mengajarkan Anak Buang Ingus

By Dini, Rabu, 27 Januari 2016 | 06:00 WIB
Mengajarkan Anak Buang Ingus (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Batuk-pilek sering dialami si batita. Terlepas dari apakah penyakit ini perlu diwaspadai atau tidak, Mama pasti sering menghadapi masalah ketika si kecil harus membuang ingusnya. Ternyata, sulit sekali mengajarkan anak buang ingus. Setiap kali hidungnya penuh dengan ingus, Mama harus bersusah-payah membantunya mengeluarkan cairan tersebut dari hidungnya. Bukan saja menolak hidungnya dibersihkan, si kecil juga kerap berontak atau mengalihkan perhatiannya.

Nah, adakah cara sederhana untuk mengajarkan anak buang ingus?

1. Kenalkan anak pada cara mengeluarkan angin dari hidungnya. Taruh benda yang ringan di depannya, misalnya tisu, lalu ajarkan dia untuk memindahkan tisu tersebut dengan menghembuskan udara dari hidung. Pastikan mulutnya menutup agar ia fokus pada aktivitas hidungnya.

2. Cara lain adalah dengan menyalakan lilin ulang tahun. Katakan pada si kecil bahwa kali ini ia harus meniup api pada lilin menggunakan hidung, bukan mulutnya. Berikan contoh bagaimana ia harus melakukannya.

4. Hembuskan hidungnya dengan perlahan agar tidak menyakiti telinganya (menghembuskan hidung terlalu kuat bisa merusak gendang telinga). Bersihkan hidung dari ingus yang keluar dengan bagian tisu yang masih kering, lalu berpindahlah ke lubang hidung satunya.

Bersabarlah saat mengajarkan anak buang ingus, karena meskipun ini hal yang mudah bagi Mama tetapi tidak begitu dengan anak-anak. (Dini/Today's Parent)