Gak Perlu Nunggu Lama Sampai Kehausan, Begini Trik Membuat Minuman Cepat Dingin dan Beku di Freezer

By Kintan Nabila, Jumat, 25 Maret 2022 | 12:54 WIB
Cara cepat mendinginkan air di freezer kulkas (Pexels.com)

Nakita.id - Supaya minuman cepat dingin, kita sengaja memasukkannya ke dalam freezer. Sebab, butuh waktu lama kalau hanya disimpan di kompartemen kulkas biasa. Namun, dimasukkan ke dalam freezer pun minuman tidak bisa langsung dingin. Nah, dengan trik-trik ini kita bisa mendinginkan hingga membekukan segala minuman yang baru dimasukkan ke freezer loh! Yuk, simak bagaimana caranya! 1. Gunakan wadah logam Agar lebih cebat dingin, sebaiknya simpan minuman di wadah logam lalu masukkan ke dalam freezer. Wadah berbahan logam dapat mendinginkan dan membekukan minuman lebih cepat. Dengan begitu kita bisa segera meneguk minuman dingin di hari yang panas ini!

Baca Juga: Coba-coba Masukkan 4 Barang Rumah Tangga Ini ke Dalam Freezer, Keesokan Harinya Pasti Terkejut Lihat Hasilnya

2. Miringkan botol minuman Saat meletakkan minuman ke freezer, posisikan botol atau wadah minuman dalam posisi miring. Kompartemen freezer yang dingin dinilai lebih cepat mendinginkan botol minuman dengan posisi miring daripada dengan posisi tegak. Namun, pastikan tutup botolnya rapat ya supaya airnya tidak tumpah! 3. Hangatkan minuman terlebih dulu Mungkin Moms bertanya-tanya kengapa minuman yang ingin didinginkan justru dihangatkan terlebih dulu. Jawabannya adalah, ada sebuah efek mpemba yang membuat air hangat atau air panas akan lebih cepat dingin daripada air bersuhu normal. Sehingga, minuman akan cepat dingin saat dimasukkan ke freezer kalau suhunya hangat. Masukkan air hangat ke dalam botol logam lalu simpan dalam freezer supaya cepat dingin.

Baca Juga: Wah Terimakasih Bapak Mertua Sudah Beri Tahu, Ternyata Fungsi Freezer Bisa Mengawetkan Lilin Hingga Membersihkan Celana Jeans

4. Gunakan tisu basah Sebelum meletakkan botol minuman di dalam freezer, sebaiknya bungkus botol minuman dengan tisu basah atau serbet basah. Kelembapan pada tisu dan serbet basah akan cepat menguap dan membeku. Ssehingga dapat mendinginkan cairan di dalam botol lebih cepat. 5. Rendam botol minuman dengan air garam Masukkan botol minuman ke dalam campuran air es yang diberi sedikit garam, lalu letakkan di dalam freezer. Garam dapat membantu air menyerap energi panas dari kaleng atau botol minuman. Sehingga membuat proses pendinginan menjadi lebih cepat. Selamat mencoba di rumah ya, Moms!

Baca Juga: Tips Membersihkan Bunga Es di Freezer, Jangan Sampai Dicongkel Kalau Tak Mau Kulkas Cepat Rusak

Artikel ini telah tayang di Parapuan dengan judul "5 Tips Praktis Membuat Minuman Cepat Dingin di Freezer"