Tolong Berlindung! BMKG Mendadak Beri Peringatan pada Minggu 27 Maret 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, Hampir Semua Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Lebat Hingga Angin Kencang, Kecuali Papua Barat dan DKI Jakarta

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 26 Maret 2022 | 19:30 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 27 Maret 2022 (Pixabay)

Nakita.id - Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Seperti baru ini, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 27 Maret 2022.

Cuaca ekstrem tersebut terdiri dari hujan lebat yang bisa disertai kilat dan angin kencang.

BMKG memprediksi ada 21 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Sementara 3 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

BMKG menginformasikan, terdapat terpantau daerah tekanan rendah di Samudra Hindia barat daya Banten serta sirkulasi siklonik di Kalimantan dan Laut Arafuru.

Daerah tekanan rendah dan sirkulasi tersebut membentuk daerah pertemuan/perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Laut China Selatan hingga Kalimantan Tengah, di Kalimantan Barat, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dan di NTT.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Bengkulu hingga Lampung, dari pesisir selatan Jawa Barat hingga Jawa Timur, dari Laut Sulawesi hingga Sulawesi Utara, dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tengah, di Maluku, di Papua Barat, dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah tekanan rendah, sirkulasi siklonik, dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga: Selamatkan Nyawa Kalian, Sabtu 26 Maret 2022 BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem untuk Indonesia, Wilayah Mana Saja?

Lalu wilayah mana saja yang akan mengalami cuaca ekstrem seperti perkiraan BMKG pada Minggu 27 Maret 2022?

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang: