1000 Hari Pertama, Hindari Si Kecil Terpapar Bahan Kimia, Termasuk Akibat Merebus Botol Susu!

By Kusmiyati, Jumat, 4 Mei 2018 | 08:00 WIB
Jaga Si Kecil dalam 1000 hari pertama (iStock/Kristina Greke)

Nakita.id – Di awal 1000 hari kehidupan si Kecil pertama menjadi momen yang krusial. Si Kecil masih rentan dengan berbagai penyakit, terlebih bila Bunda tidak memerhatikan dengan seksama soal kebersihan dan faktor-faktor pendukung yang aman untuk si Kecil.

Bukan hanya itu saja, hal yang dianggap wajar atau biasa dilakukan juga bisa saja menjadi penyebab si Kecil berisiko terkena penyakit serius, termasuk kanker.

Salah satu kebiasaan yang salah adalah merebus botol susu. Kebiasaan ini memang biasa dilakukan banyak orangtua karena anggapan di masyarakat mengatakan hal itu wajib dilakukan.

Pada umumnya orangtua menganggap merebus botol susu bisa mensterilkan botol susu. Merebus botol susu biasanya dilakukan setelah dibersihkan atau dicuci dan kemudian diisi lagi dengan susu lalu kemudian diberikan pada si Kecil.

Sebagai makhluk bersih yang baru terlahir di dunia, si Kecil membutuhkan perawatan khusus dan alami. Yang dimaksud dengan alami adalah si Kecil sebisa mungkin tidak bersentuhan dengan bahan-bahan kimia.

Ini bukan hanya untuk dalam jangka waktu beberapa hari atau minggu sejak Si Kecil lahir, tapi juga dalam 1000 hari kehidupan si Kecil yang penting bagi pertumbuhan dan kesehatannya

Namun sayangnya ketidaktahuan orangtua menyebabkan Si Kecil terpapar bahan kimia, termasuk akibat dari merebus botol susu bayi yang sebenarnya tidak aman untuk si Kecil.

Alasan mengapa merebus botol susu tidak disarankan

Di pasaran banyak botol susu yang tidak terstandar alias belum bhispenol free (BPA-Free). Kebanyakan botol susu bayi terbuat dari plastik jenis Polikarbonat (PC). Akibatnya, jika direbus ada kemungkinan plastik ini akan melepaskan residu senyawa kimia yaitu bisphenol-A (BPA) yang sangat berbahaya. Zat kimia tersebut bisa berbahaya pada sistem saraf dan sistem daya tahan tubuh terlebih pada proses perkembangan anak, dan menjadi pemicu risiko kanker.

Tak hanya itu, merebus botol susu juga menimbulkan zat Endocrine Disrupter yang menganggu sistem hormon tubuh. Ini berhubungan dengan kesehatan pertumbuhan dan fungsi organ-organ tubuh si Kecil.

Ketahui cara yang aman

Sebaiknya Bunda tidak 100 persen memercayai bahwa merebus botol susu akan menjamin botol susu bersih. Sebab seperti dijelaskan di atas, tidak semua botol susu terjamin bebas BPA. Demikian juga dengan alat-alat makan si Kecil lainnya.

Akan tetapi tentu saja mencuci botol susu dan peralatan makan si Kecil lainnya wajib dilakukan setelah dipakai meskipun Bunda memutuskan untuk tidak merebusnya.