Bisa Sebabkan Bayi Lahir Cacat, Segera Kenali Ciri-ciri Hamil dengan Kondisi Anemia Pada Ibu Hamil

By Diah Puspita Ningrum, Senin, 28 Maret 2022 | 11:45 WIB
Ciri-ciri hamil dengan anemia perlu diwaspadai (freepik)

Nakita.id - Moms, tolong simak ciri-ciri hamil dengan kondisi anemia yang bisa berbahaya untuk ibu hamil dan bayi.

Seperti kita tahu, anemia adalah kondisi tubuh kekurangan sel darah merah sehat untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh.

Saat jaringan tubuh kekurangan oksigen, maka ini akan berakibat kinerja organ terhambat. Apalagi jika anemia ini terjadi pada ibu hamil.

Anemia pada ibu hamil perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur dan kematian pada ibu hamil.

Melansir dari What to Expect, kadar zat besi yang rendah menyebabkan sekitar 75 persen kasus anemia, biasanya karena tidak mendapatkan cukup mineral penting ini dalam makanan.

Inilah ikhtisar tentang mengapa anemia membuat merasa lelah.

Pada minggu ke 24 kehamilan, jumlah darah dalam tubuh meningkat hingga 45 persen untuk mendukung Moms dan bayi yang sedang tumbuh.

Sel darah merah mengandung hemoglobin, protein kaya zat besi yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin - sekitar dua kali lebih banyak dari yang dibutuhkan sebelum Moms mengharapkan untuk memperhitungkan peningkatan volume darah.

Baca Juga: Ciri-ciri Hamil Bukan untuk Menentukan Jenis Kelamin Bayi, Moms Bisa Gunakan Langkah Ini untuk Tahu Hamil Anak Perempuan atau Laki-laki

Simak ciri-ciri hamil yang mengalami anemia

Sejak awal, Moms mungkin salah mengira gejala anemia sebagai gejala normal kehamilan.