4 Cara Sederhana Mengajarkan Anak Pakai Baju Sendiri

By Gisela Niken, Senin, 30 Mei 2016 | 05:50 WIB
4 Cara Sederhana Mengajarkan Anak Pakai Baju Sendiri (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Memakai baju bagi anak mungkin sebuah kesulitan sendiri. Mengancing, mengikat tali sepatu hingga menutup ritsetling menjadi hal yang sulit untuk dilakukan oleh si kecil. Sebagai orangtua, Mama perlu mengajarkan anak pakai baju sendiri. Cara sederhana berikut ini bisa membantu Mama agar si kecil semakin mandiri.Baca juga: Anak 4-5 tahun harus bisa mandiri melakukan hal ini

1.Mengajarkan ritsetlingKemampuan dasar ini sangat dibutuhkan mengingat banyak pakaian yang menggunakannya. Cara paling mudah mengajarkannya adalah dimulaidengan membuka ritsetling. Pada usia sekitar 2 tahun, biarkan si kecil membuka ritsetling sendiri. Ia akan melihat bagaimana cara kerjanya. Pada usia 3 tahun, barulah mengajarkan menutup ritsetling. Imajinasikan ritsetling sebagai mobil yang harus dikendarai hingga ke atas.

2. Memakai sepatuSalah satu keterampilan yang bisa diajarkan pada usia 2 tahun adalah mengajarkan menggunakan sepatu. Pertaa-tama, berikan contoh pada anak bagaimana Mama memakai sepatu. Dorong si kecil untuk merapatkan jari agar bisa masuk ke dalam sepatu. Kemudian, ajarkan untuk menarik sepatu bagian tumit agar terpasang dengan sempurna. Mulailah dengan sepatu tanpa tali yang memudahkan anak untuk belajar. Pada usia 3 tahun, barulah si kecil bisa memakai sepatu sendiri dan menggunakan sepatu dengan model yang lebih variasi.Baca juga: Kok batita tidak mau pakai baju?

3.Memakai celanaSama seperti ritsetling, mulailah dengan mengajarkan anak melepaskan celana. Hal ini juga sangat penting mengingat si kecil yang mulai melakukan toilet training. Mama juga perlu memberinya celana dengan pinggang karet untuk memudahkan proses belajar. Saat belajar mulai memakai celana, tak ada salahnya menawarkan bantuan agar keseimbangan anak terjaga. Terus berlatih dan mengurangi bantuan akan membantu anak cepat memakai celana sendiri

4.Memakai kaosMama bisa mulai mengajarkan anak memakai kaos sendiri ketika berusia 3 tahun. Mulailah dengan memakai kaos di depan cermin untuk membimbingnya. Berikan perintah seperti “Coba tarik kaos ke bawah” akan sangat membantu dalam hal ini. Kaos menjadi pakaian yang cocok untuk digunakan karena tidak telalu ketat. Mama juga bisa meminta anak belajar memakaikan baju kepada bonekanya. Hindari pula penggunaan kancing dalam hal ini.

Baca juga: Baju bayi sesuai usiaCara mengajarkan anak pakai baju sendiri harus dilatih setiap hari. Jangan biarkan anak terlalu manja. Usahakan memberikan bantuan dalam bentuk ucapan saja. Memberi anak contoh yang baik dalam berpakaian akan membantu anak memahami caranya. Anak yang bisa memakai baju sendiri juga menjadi simbol bagi anak yang mandiri.(Niken/What To Expect)