Fakta VS Mitos: Rambut Bayi Akan Tumbuh Lebih Lebat Setelah Dicukur? Simak Dulu Penjelasan Ilmiahnya

By Kintan Nabila, Rabu, 6 April 2022 | 19:13 WIB
Mencukur rambut bayi. (Freepik)

Nakita.id - Moms, banyak yang bilang bayi harus dicukur rambutnya supaya saat sudah besar nanti rambutnya lebat.

Kira-kira pendapat tersebut fakta atau mitos ya? Seperti yang kita tahu, tidak semua bayi dilahirkan dengan rambut lebat. Beberapa di antara mereka rambutnya terbilang sangat tipis. Kemudian setelah beberapa bulan, pertumbuhannya pun cenderung lambat. Hal ini tentunya membuat para orangtua khawatir apabila rambut anaknya tipis sampai ia besar nanti. Kemudian, berkembanglah mitos bahwa rambut bayi harus dicukur habis sampai gundul. Barulah kemudian nanti rambut barunya akan tumbuh lebih lebat. Yuk simak penjelasannya, untuk mengetahui apakah pendapat tersebut fakta atau mitos.

Baca Juga: Mitos vs Fakta Kehamilan Soal Kebiasaan Minum Air Kelapa Saat Hamil, Mulai dari Bikin Rambut Bayi Tebal Hingga Punya Kulit Putih, Mana yang Benar?

Di Indonesia sendiri mencukur rambut bayi sudah menjadi tradisi.Biasanya dilakukan kepada bayi yang baru lahir.Namun, apabila Moms beranggapan bahwa setelah dicukur rambut anak jadi lebat, hal tersebut salah.Faktanya, sampai saat ini belum ada bukti kuat yang mendukung pendapat tersebut.Mengutip dari laman University of Utah Health, mencukur rambut bayi tidak akan membuat rambut barunya tumbuh lebih lebat. Dokter spesialis anak dr. Cindy Gellner menegaskan bahwa, tebal atau tipisnya rambut seorang anak tergantung dari genetiknya.Mencukur atau memberinya ramuan khusus tidak akan membawa perubahan berarti."Satu-satunya hal yang dapat membuat karakter rambut seseorang berubah adalah ketika ia harus menjalani kemoterapi," kata Cindy.Oleh karenanya, mencukur rambut bayi supaya mendapatkan rambut yang lebih lebat bisa dikatakan tidak memiliki dasar ilmiah.

Baca Juga: Mitos VS Fakta Kehamilan, Rasa Mulas Saat Hamil Jadi Tanda Bayi Akan Lahir dengan Rambut Tebal

Tekstur atau tebal tipisnya rambut seorang anak dipengaruhi oleh faktor genetik yang sudah ditentukan sebelum ia terlahir.

Hal tersebut dijelaskan oleh ahli trikologi di Singapore's Philip Kingsley Trochological Center, Leonica Kei."Bayi terlahir sudah dengan folikel rambut yang akan selamanya mereka miliki," jelasnya.Folikel rambut adalah kantong-kantong sel yang ada di bawah permukaan kulit kepala.Fungsinya sebagai tempat tumbuhnya rambut, berupa lubang kecil yang terdapat di kulit kepala.Ukuran dari folikel ini menentukan tebal atau tipisnya rambut seorang bayi.Semakin besar folikel, maka semakin tebal rambut yang akan tumbuh nantinya.Sementara itu, banyaknya jumlah folikel yang ada akan menentukan banyak atau sedikitnya rambut seseorang.Oleh karena itu kegiatan mencukur atau menggunduli rambut tidak ada kaitannya dengan membuat rambut lebat.

Baca Juga: Frustasi Saat Menyisir Rambut Si Kecil yang Susah di Atur? Begini Tips Merawat Rambut Bayi yang Keriting Pakai Minyak Alami