Supaya Bisa Dipersiapkan Jauh-jauh Hari, Berikut Kisaran Biaya Lahiran di Bidan

By Shinta Dwi Ayu, Jumat, 8 April 2022 | 07:46 WIB
Kisaran biaya lahiran di bidan (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Wajib diketahui para ibu hamil, berikut kisaran biaya lahiran di bidan. Melahirkan merupakan salah satu momen yang harus dilalui para perempuan ketika ingin memiliki sang buah hati. Proses melahirkan sendiri tidak mudah untuk dilewati. Karena, prosesnya sangat penuh perjuangan. Maka dari itu, penting sekali bagi Moms untuk melakukan berbagai persiapan ketika menjelang persalinan. Mulai dari fisik, mental, finansial, hingga tempat dimana Moms ingin melahirkan pun perlu dipikirkan jauh-jauh hari. Sehingga, ketika waktunya melahirkan nanti, Moms sudah tidak bingung lagi menentukan tempat bersalin. Di tengah pandemi Covid-19, banyak sekali ibu hamil yang lebih memilih untuk melahirkan di bidan. Karena, sebagian besar orang merasa takut pergi ke rumah sakit karena rata-rata rumah sakit besar menangani pasien Covid-19.

Baca Juga: Berencana Lahiran Normal? Berikut Tips Mudah Melahirkan Normal yang Bisa Jadi Panduan Ibu Hamil

  Maka dari itu, kali ini Nakita ingin memberitahu kisaran biaya lahiran di bidan supaya Moms bisa menyiapkan biaya tersebut dari jauh-jauh hari.

Biaya lahiran di bidan
1. Bidan Ade Wahidah Klinik bersalin Bidan Ade Wahidah pun berlokasi di Jl. H. Sulaiman No.33, RT.04/RW.02, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16519.

Berdasarkan peliputan yang dilakukan Nakita bersama Bidan Ade, untuk melahirkan di tempatnya kisaran biayanya mencapai Rp 2.000.000. "Lahir normal kurang lebih Rp 2.000.000," ungkap Bidan Ade dalam wawancara ekslusif bersama Nakita, Kamis (7/4/2022).

Akan tetapi, apabila dalam proses persalinan ada jahitan dan infus, maka Moms dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 250.000.

Menariknya lagi, ketika melahirkan di tempat Bidan Ade, Moms sudah dapat akta kelahiran bayi secara gratis asalkan berdomilisi di Depok. 2. Bidan Putri Saidar

Baca Juga: Salah Pilih Besan? Krisdayanti dan Ashanty Buka Suara Soal Kontroversi Ayah Atta Halilintar Larang Aurel Hermansyah Lahiran Caesar

Klinik bersalin ini berlokasi di Jl. Kp. Melayu Kecil 5 No.1, RT.8/RW.11, Bukit Duri, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12840. Berdasarkan wawancara yang dilakukan Nakita bersama salah satu Moms yang pernah melahirkan di Bidan Putri Saidar, perkiraan biayanya adalah Rp 3.000.000. Namun, biaya tersebut sudah mencakup semuanya.

Serta, sudah gratis pemasangan alat kontrasepsi setelah melahirkan. Bagi Moms yang ingin lebih murah lagi, maka bisa melahirkan di puskesmas. Menurut salah satu bidan bernama Zahrotun Nisa dari Puskesmas Selopampang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengatakan kisaran biaya lahiran di puskesmasnya adalah Rp 1.000.000 - Rp 1.500.000. Bidan Nisa mengatakan, semua tergantung kondisi Moms. "Tergantung kondisi saat persalinannya, kalau normal-normal aja, enggak ada perdarahan atau infus paling Rp 1.000.000," ungkap Bidan Nisa dalam wawancara eksklusif bersama Nakita, Kamis (7/4/2022). Biaya tersebut sudah meliputi tenaga bidan, perawatan ibu dan juga bayi.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Cari Tanggal Lahiran karena Sudah Mulai Engap, Terungkap Bocoran Nama Anak Pertama Atta Halilintar yang Berjenis Kelamin Perempuan

"Kalau sesuai Perda (Peraturan Daerah) nya di sini persalinan oleh tenaga bidan Rp 700.000, perawatan ibu 1 hari Rp 200.000, serta perwatan bayi 1 hari Rp 100.000," sambung Bidan Nisa. Fasilitas yang didapatkan juga sudah lengkap. Mulai dari tempat tidur untuk nifas serta makan. Ketika pulang pun, bayi sudah dalam keadaan bersih dan diimunisasi. "Saat pulang bayi sudah dimandikan dan imunisasi HB0," ucap Bidan Nisa. Melahirkan di puskesmas juga akan mendapatkan akta gratis Moms. '"Akta, KK, (kartu identitas anak) gratis," tutup Bidan Nisa. Nah, itu dia Moms kisaran biaya lahiran di bidan. Untuk mengetahui berapa harga melahirkan di bidan wilayah Depok, cek halaman 2. (*) Baca Juga: Tips Mengatasi Rasa Gugup dan Khawatir Menjelang Lahiran, Bikin Hati Jadi Lebih Tenang Menyambut Kehadiran Sang Buah Hati