Jangan Bablas Tidur Sampai Siang Bolong! Begini Tips Ampuh Mengusir Kantuk Setelah Makan Sahur

By Kintan Nabila, Jumat, 8 April 2022 | 08:35 WIB
Cara menghilangkan rasa ngantuk setelah sahur (Freepik.com)

Nakita.id - Setelah santap sahur, sering kali kita merasakan kantuk yang luar biasa. Akhirnya kita keterusan tidur sampai siang dan tubuh terasa lemas. Selama bulan Ramadan, Moms pasti jadi sering bagun lebih pagi untuk menyiapkan hidangan sahur keluarga.

Alhasil, waktu tidur menjadi lebih singkat daripada biasanya.Pada dasarnya, mengantuk setelah santap sahur merupakan reaksi tubuh yang normal. Setelah makan, hormon di dalam tubuh seperti cholecystokinin (CCK), glucagon, dan amylin dilepas untuk meningkatkan rasa kenyang. Terjadi juga peningkatan hormon serotonin yang bisa menyebabkan kita lebih mengantuk. Lantaran tidak bisa menahannya, sebagian orang akan memilih untuk kembali melanjutkan tidur.

Namun, tidur setelah sahur bukan kebiasaan yang baik untuk kesehatan, lo!

Baca Juga: Anti Lemas Sampai Matahari Tenggelam! Ini Dia Tips Sahur Bagi Ibu Hamil di Ramadan 2022, Asupan Air Jadi yang Utama

 Meskipun mengantuk usai sahur, usahakan untuk tidak tidur agar terhindar dari gangguan kesehatan seperti GERD dan obesitas. Nah Moms, simak tips supaya tidak mengantuk setelah santap sahur. 1. Hindari makanan penyebab ngantuk Agar tidak mengantuk usai sahur, hindari mengonsumsi makanan berat, berlemak, atau manis saat buka puasa. Sebab, makanan tersebut dapat membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mencernanya. Selain itu, makanan pedas juga bisa memicu maaalah pencernaan seperti mulas Sehingga, menyebabkan tubuh merasa sangat lemas dan mengantuk setelah makan sahur. Kemudian yang tak kalah pentingnya cobalah hindari kopi selama bulan puasa. Jangan biasakan minum kopi sebelum tidur supaya mendapatkan tidur yang berkualitas dan mencegah ngantuk usai sahur.  Baca Juga: Sudah Praktis, Enak Lagi, Berikut Resep Tumis Tempe Bakso Cabai Kering Buat Menu Sahur Nanti, Dijamin Bakal Bikin Nagih Sekeluarga

 3. Jangan makan buru-buru Kebiasaan makan cepat dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Makan buru-buru akan membuat saluran pencernaan bekerja lebih keras dan akhirnya menimbulkan rasa kantuk setelah makan sahur. 4. Minum air putih Hindari mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, karena dapat menyebabkan efek diuretik yang memicu dehidrasi, sehingga lemas dan mengantuk. Sebaliknya, perbanyak minum air putih agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik dan raaa kantuk hilang. 5. Olahraga ringan Untuk mencegah kantuk usai sahur, lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki pada pagi hari. Jalan kaki dapat meningkatkan denyut nadi, melancarkan aliran oksigen ke otak, hingga meningkatkan kewasapadaan.

Lupa apa saja tips supaya tidak mengantuk setelah santap sahur? Cek halaman 2 untuk mengetahui jawabannya. (*)

Baca Juga: Bisa Dicoba saat Sahur Nanti, Berikut 4 Ide Menu Sahur Agar Tidak Loyo Berpuasa Seharian

Artikel ini telah tayang di GridHEALTH dengan judul "5 Tips Ampuh Usir Kantuk Setelah Santap Sahur, Dijamin Langsung Melek"