4 Kesalahan Orangtua Yang Membuat Anak Mudah Cemas

By Gisela Niken, Kamis, 26 Mei 2016 | 06:10 WIB
4 Kesalahan Orangtua Yang Membuat Anak Mudah Cemas (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kecemasan pada anak kadang timbul akibat anak tidak mampu menyelesaikan apa yang terjadi pada dirinya. Mama menjadi orang yang perlu memahami hal ini karena jangan sampai justru Mama yang jadi penyebab anak cemas. Beberapa penyebab anak cemas berikut ini kadang tidak Mama sadari.Baca juga: Cemas karena bayi belum merangkak, malah ngesot?

1.Memberikan pilihanKadang anak diberikan pilihan yang membuatnya memikirkan apa efek untuknya. Namun, si kecil belum mampu menentukan dan memilih dengan segala pertimbangan yang ada. Sebaiknya, Mama memberikan pilihan yang tidak jauh berbeda agar ia tidak begitu bingung dengan pilihan yang ada. Artinya, meski dibebaskan memilih anak tetap dalam kontrol Mama. Anak biasanya akan cemas apakah pilihan tersebut membuat Mama marah atau tidak.

2.Meninggalkan anak sendirianTahukah Mama bahwa anak sangat tidak nyaman ketika berada jauh dari Mama? Anak akan merasa cemas dan takut ketika Mama tidak berada di dalam ruangannya. Mama menjadi orang yang membuat anak aman. Bukan berarti Mama harus selalu menempel dengan anak lo. Pastikan anak mengetahui keberadaan Mama dan jangan sampai tiba-tiba meninggalkan anak tanpa kabar.Baca juga: Atasi anak yang mudah cemas

3.Membiarkan anak melakukan sesuatu sendirianPergi ke toilet sendiri dan tidur sendiri merupakan kegiatan yang menuntut kemandirian anak. Untuk mencapai titik tersebut, Mama harus memberikan anak aneka pelatihan sebelum ia benar-benar siap. Mama harus memastikan anak tidak merasa ketakutan saat tidur dan pergi ke toilet. Ketika anak menolak atau merengek ketika ditinggal tidur sendirian, jangan memaksa. Hal ini tidak akan membuat anak nyaman hingga nanti.

4. Tidak menjawab pertanyaan anakAnak dengan rasa ingin tahunya akan punya kebiasaan untuk bertanya segala hal. Mama harus membantu menjelaskan padanya agar ia punya pemahaman yang benar akan hal di dunia ini. Jika Mama tidak menjawabnya, si kecil akan merasa cemas dan memilih mencari tahu sendiri. Jangan sampai ia malah mendapatkan informasi yang salah.Baca juga: Anak isap jempol? Tanda ia cemas

Ternyata, banyak penyebab anak cemas yang malah datang dari Mama dan Papa. Jangan biarkan hal tersebut terus menerus terjadi. Kecemasan menjadi sumber trauma pada anak dan jangan sampai anak jadi trauma karena Mama.(Niken/Huffington Post)