Jangan Kaget Kalau Tiba-tiba Tagihan Listrik Membengkak Tiap Bulan! Ternyata Biang Keroknya Peralatan Elektronik yang Selalu Dicolok ke Stop Kontak Semalaman, Apa Saja

By Kintan Nabila, Minggu, 10 April 2022 | 18:50 WIB
Peralatan elektronik yang harus dicabut setiap malam sebelum tidur (pixabay.com/nofrickinname)

Nakita.id - Dari pagi sampai pagi lagi, peralatan elektronik dirumah terus menyala.

Televisi (TV), kulkas, AC, dan komputer terus tercolok ke stop kontak bahkan di malam hari saat pemilik rumah tertidur. Padahal, mematikan peralatan elektronik di malam hari dapat memberikan banyak manfaat loh! Diantaranya, menghemat biaya listrik, mengurangi penggunaan energi yang dapat menjaga lingkungan hidup, hingga menghindari risiko kebakaran rumah.  Melansir dari Make Use of, berikut beberapa peralatan elektronik yang harus dicabut setiap malam sebelum tidur. 1. Televisi Sebelum tidur, pastikan kita sudah mematikan TV baik dari remote maupun tombol pada layar. Namun meskipun sudah dimatikan, sering kali TV masih terhubung ke stopkontak.

Hal ini tentu dapat meningkatkan konsumsi energi.  Baca Juga: Bisa Cepat Kaya Nih Kalau Moms Segera Lakukan Trik Ini untuk Pangkas Tagihan Listrik karena Sisa Uangnya Bisa Ditabung

2. Komputer  Komputer yang terhubung atau tercolok ke stop kontak semalaman bisa memboros pemakaian listrik. Begitupun dengan laptop yang kita tinggalkan untuk dicas semalaman. Setelah baterai laptop mencapai 100%, listrik akan terbuang sia-sia sampai pagi. 3. Peralatan elektronik dapur  Membiarkan sebagian besar peralatan dapur tetap terhubung ke listrik hanya akan membuang-buang energi yang tak perlu. Atau seringkali kita bahkan lupa mencabutnya dari stop kontak setelah dipakai. Berikut beberapa peralatan elektronik dapur yang harus dicabut pada malam hari. Diantaranya mesin pembuat kopi, pemanggang roti, microwave, rice cooker, atau dispenser.

Baca Juga: Perlu Banget Diterapkan Biar Ibu-ibu Pengiritan, Begini Cara Menghemat Tagihan Listrik dari Rice Cooker

4. Smartphone atau ponsel Ketika baterai smartphone atau ponsel terisi penuh, mereka akan terbuang kembali secara percuma jika dibiarkan terhubung ke listrik semalaman. Alih-alih mengisi daya ponsel selama semalaman, cobalah mengisi daya tepat setelah bangun tidur. Misalnya saat sedang mandi dan sarapan, manfaatkan waktu untuk mengisi daya ponsel. 5. Kabel ekstensi  Kabel ekstensi fungsinya untuk membantu menyambungkan semua kabel dari beberapa peralatan elektronik.

Biasanya kabel ekstensi dibutuhkan karena tidak ada stop kontak yang cukup dekat dengan letak peralatan elektronik. Namun, seringkali kita membiarkan alat ini menyala tanpa mencolokan sesuatu, hal ini hanya akan membuang-buang listrik. Sebaliknya, kalau terlalu banyak dicolok perangkat elektronik juga tidak bagus karena bisa terlalu panas dan mendatangkan risiko kebakaran.

Baca Juga: Tak Butuh Waktu Lama, TV di Rumah Dijamin Bakal Kembali Kinclong Seperti Baru Cuma dengan Lakukan Ini