BMKG Beri Peringatan Pada Selasa 12 April 2022 Indonesia Bakal Dihantam Cuaca Ekstrem Hujan Lebat hingga Angin Kencang, Segera Selamatkan Nyawa Kalian! DKI Jakarta Justru Termasuk Wilayah Aman

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 11 April 2022 | 19:04 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 12 April 2022 (Pixabay)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Selasa 12 April 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG.

Seperti diketahui, sejak awal tahun 2022 lalu Indonesia sering dilanda cuaca ekstrem. Bahkan, gara-gara hal tersebut, banyak wilayah yang mengalami kerugian besar. Maka dari itu, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads tidak mengalami hal mengerikan.

Dengan mengetahui cuaca yang akan terjadi pula, Moms dan Dads bisa bersiap-siap untuk menghadapinya. Cuaca ekstrem ini meliputi hujan lebat yang disertai kilat hingga terjadinya angin kencang.

Siklon Tropis Malakas terpantau berada di Laut Filipina dengan kecepatan angin maksimum 50 knot dan tekanan udara minimum 990 mb. Pergerakan sistem ini cenderung ke arah barat barat laut dan diprakirakan intensitasnya menguat untuk periode 24 jam ke depan.

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 kt (low level jet) dari Filipina bagian selatan hingga Samudra Pasifik utara Papua. Siklon Tropis Megi terpantau berada di daratan Leyte utara, Filipina dengan kecepatan angin maksimum 35 knot dan tekanan udara minimum 1000 mb.

Diperkirakan intensitas Siklon Tropis MEGI presisten dan almost stationary. Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet tersebut.

Sirkulasi Siklonik terpantau di sekitar Thailand yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, dari Sumatera Barat hinggaa Sumatera Utara.

Daerah Konvergensi lainnya terpantau memanjang dari pesisir barat Sumatera Barat hingga Riau, dari Sumatera Selatan hingga Jambi, dari perairan Selatan Jawa Barat hingga Banten, di Kalimantan bagian utara, di Papua Barat dan Papua. Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Pada Senin 11 April 2022 Indonesia Bakal Dihantam Cuaca Ekstrem Hujan Lebat hingga Angin Kencang, Tolong Berlindung! Wilayah Jawa yang Aman hanya DKI Jakarta!

- Aceh

- Sumatera Utara