BMKG Beri Peringatan pada Minggu 17 April 2022 Indonesia Bakal Dihantam Cuaca Ekstrem Hujan Lebat hingga Angin Kencang, Semuanya Berlindung di Tempat Aman! Wilayah Jawa yang Aman hanya DKI Jakarta dan Banten

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 16 April 2022 | 16:20 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 17 April 2022 (Freepik.com)

Nakita.id - Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Seperti diketahui, sejak Januari 2022 lalu Indonesia sering dilanda cuaca ekstrem seperti hujan lebat hingga angin kencang.

Bahkan, gara-gara hal tersebut, banyak wilayah yang mengalami kerugian besar.

Maka dari itu, BMKG tak mau hal tersebut terjadi.

Baru-baru ini, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem di 33 wilayah di Indonesia pada Minggu 17 April 2022.

Cuaca ekstrem tersebut terdiri dari hujan lebat yang bisa disertai kilat dan angin kencang.

22 wilayah akan diguyur hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

11 lainnya hanya hujan disertai kilat dan angin kencang.

Ada alasan kuat mengapa BMKG beri peringatan cuaca ekstrem untuk Indonesia.

Baca Juga: Tolong Cari Tempat ya Aman! BMKG Beri Peringatan Pada Sabtu 16 April 2022 Indonesia Bakal Dihantam Cuaca Ekstrem Hujan Lebat hingga Angin Kencang, DKI Jakarta Waspada Karena Tak Lagi Aman

Ini karena adanya sirkulasi siklonik terpantau di Kep. Riau dan Laut Arafura selatan Papua yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Selat Malaka hingga Kep. Riau dan di Laut Arafura.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatra Utara, dari Riau hingga Bengkulu, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, di Kalimantan Selatan, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan dan Tenggara, di Maluku, di Papua Barat, dan di Papua.