Makanan dan Sinar Matahari Dapat Membuat Anak Kelebihan Vitamin D?

By Fadhila Auliya Widiaputri, Jumat, 4 Mei 2018 | 17:36 WIB
Makanan dan sinar matahari tidak dapat membuat anak kelebihan vitamin D (Denis Moskvinov)

Nakita.id - Meskipun memiliki sejumlah manfaat, tetapi kenyataannya kelebihan vitamin D tak baik untuk kesehatan tumbuh kembang anak.

Dilansir dari Health Line, anak yang kelebihan vitamin D dapat berisiko memiliki sejumlah masalah tulang, jaringan, hati, ginjal, dan bahkan kematian.

Lantas, apa sajakah yang membuat anak kelebihan vitamin D?

BACA JUGA: Ingin Usaha Online Shop Moms Makin Sukses? Yuk Ikuti Tips Rezki Yanuar Berikut Ini

Seperti kita ketahui ada banyak sumber vitamin D untuk anak, mulai dari makanan, sinar matahari, dan suplemen.

Nah, Katherine Zeratsky, R.D., L.D, dalam Mayo Clinic pernah menuliskan bahwa  kelebihan vitamin D pada anak biasanya disebabkan oleh megadosis dari suplemen vitamin D, bukan dari makanan ataupun paparan sinar matahari. 

"Tubuh dapat mengatur jumlah vitamin D yang diproduksi oleh paparan sinar matahari. Makanan yang diperkaya juga tidak mengandung banyak vitamin D," ujarnya saat dikutip dari laman Romper.

Pernyataan Zeratsky itu didukung oleh Linda M. Katz, MD, MPH, Kepala sementara petugas medis di Pusat Food and Drug Administration (FDA) untuk Keamanan Pangan dan Gizi Terapan.

Menurutnya, kelebihan vitamin D pada anak biasanya terjadi karena orangtua terlalu banyak memberikan suplemen vitamin D secara oral.

Oleh karena itu, jika Moms dan Dads pernah bertanya-tanya apakah makanan dan sinar matahari dapat membuat anak kelebihan vitamin D? Jawabannya tidak.

BACA JUGA: Anemia Bisa Kurangi IQ Anak Hingga 20 Poin Secara Permanen Jika Tidak Segera Diatasi