Bagaimana Menghemat Biaya Listrik di Rumah? Cukup Lakukan Cara Mudah Ini Dijamin Bakal Lebih Irit Uang

By Shinta Dwi Ayu, Selasa, 19 April 2022 | 07:21 WIB
Bagaimana menghemat biaya listrik di rumah? Ini jawabannya (Pixabay.com)

Nakita.id - Bagaimana menghemat biaya listrik di rumah? Simak caranya Moms! Tagihan listrik merupakan salah satu kewajiban yang harus dibayar setiap bulannya. Kebanyakan orang sudah menyediakan budget sendiri untuk membayar tagihan listrik. Karena jika telat bayar, listrik di rumah pun terancam diputus. Terutama, bagi Moms yang menggunakan token, tentu saja uang untuk membeli listrik memang sudah harus diperkirakan. Karena, token listrik sendiri bisa mati kapan pun. Jika token listrik habis, maka rumah pun akan gelap, dan tentu saja mengganggu aktivitas keseharian. Setiap rumah tentu saja memiliki tagihan listrik yang berbeda-beda. Tergantung dari berapa banyak lampu dan barang-barang elektronik yang digunakan.

Baca Juga: Kaget Banget Tagihan Listrik di Rumah Membengkak, Ternyata Keseringan Pakai 4 Barang Ini yang Jadi Biang Keroknya, Siap-siap Bayar Berkali-kali Lipat

  Semakin banyak lampu dan benda-benda elektronik yang digunakan, maka semakin banyak pula tagihannya. Ada orang yang harus membayar listrik sampai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Hal tersebut lah yang kerap membuat seseorang merasa terbebani dengan tagihan listrik. Meski begitu, Moms tak perlu khawatir! Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya listrik di rumah. Berikut ini caranya melansir dari Tribunnews: 1. Gunakan Lampu Hemat Energi Lampu hemat energi atau yang lebih dikenal sebagai lampu LED (light-emitting diode) terbukti dapat menghemat penggunaan listrik.  Karena, lampu LED dapat menghasilkan terang tanpa melakukan pemanasan (warm up) terlebih dahulu. Sehingga, membutuhkan daya yang lebih rendah ketimbang lampu biasa.

Baca Juga: Ikuti Saran Tetangga, Perempuan Ini Kaget Tagihan Listriknya Turun 50% Meski di Rumah Punya Kulkas

  2. Cabut Kabel Elektronik yang Sudah Tidak Digunakan Kebanyakan orang sering kali lupa mencabut kabel elektronik dari stop kontak ketika sudah selesai digunakan. Padahal seharusnya, ketika sudah selesai digunakan, cabut kabel elektronik dari saklar. Karena, selama kabel listrik masih menyangkut di saklar, maka arus listrik pun akan terus mengalir. Nah, inilah salah satu penyebab tagihan listrik jadi membengkak. Oleh karena itu, sebaiknya langsung mencabut kabel dari saklar saat Moms sudah selesai menggunakannya, ya. Dengan cara tersebut, dijamin tagihan listrik pun akan lebih irit. Moms juga tak akan lebih hemat setiap bulannya.

Untuk mengetahui cara menghemat tagihan listrik, cek halaman 2. (*) Baca Juga: Perlu Banget Diterapkan Biar Ibu-ibu Pengiritan, Begini Cara Menghemat Tagihan Listrik dari Rice Cooker