Eh, Ternyata Teh Hijau Juga Bagus untuk Anak Lho!

By Dini, Kamis, 19 Mei 2016 | 05:07 WIB
Eh, Ternyata Teh Hijau Juga Bagus untuk Anak Lho! (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Teh hijau baik untuk kesehatan, tentu Mama sudah tahu. Perlu Mama ketahui juga, konsumsi teh hijau ternyata tidak mengenal batasan usia, lho. Anak pun disarankan untuk mengonsumsi teh hijau.

Memang banyak yang mengasumsikan bahwa teh hijau adalah minuman orang dewasa. Namun American Dietetic Association menyatakan bahwa teh hijau juga baik untuk anak. Berikut manfaat teh hijau untuk anak:

Mencegah karies gigiTeh hijau memiliki proporsi fluorine yang baik. Fluorine pada dasarnya substansi berbasis tanaman, yang umumnya menjadi kandungan dalam pasta gigi. Fluorine mampu mencegah pembentukan karies gigi pada anak, yang pada akhirnya menyebabkan gigi berlubang. Meskipun pasta gigi sudah menggunakan fluorine, substansi fluorine alami tentu lebih efektif untuk menguatkan enamel gigi anak dan menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan.

Mengurangi diareBanyak tanaman yang mengandung antioksidan alami, dan teh hijau adalah salah satunya. Antioksidan sendiri membantu mencegah bakteri jahat bersarang di tubuh. Semakin besar jumlah bakteri jahat, semakin besar peluang terjadinya diare. Oleh karena itu antioksidan kerap dianggap sebagai pensteril. Efek sterilisasinya membantu memelihara kesehatan saluran pencernaan anak. Itu sebabnya, mengonsumsi teh hijau secara teratur dapat menjaga kesehatan gigi dan pencernaan anak.

Mendukung sistem kekebalanKetika tubuh anak lemah, mereka mudah letih, kedinginan, dan gampang sakit. Untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuhnya, coba berikan teh hijau yang kaya akan vitamin B1, B2, C, dan E. Nutrisi ini membantu menjaga kesehatan jantung, sistem peredaran darah, dan mencegah infeksi. Anak pun menjadi lebih kuat untuk melawan serangan virus dan bakteri. 

Meskipun ada banyak manfaat teh hijau untuk anak, minuman ini tidak disarankan untuk bayi dan batita lho, Mam. Agar manfaatnya semakin maksimal, kontrol juga konsumsi teh hijau pada anak. Bagaimana pun, teh hijau mengandung kafein, dan kafein dapat meningkatkan debar jantung.

Pastikan Mama tidak memberikan teh hijau untuk anak lebih dari 177 ml setiap hari. Asupan tepat teh hijau untuk anak membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan giginya.

(Dini/Ex Health)