Tolong Berlindung ke Tempat Aman! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Sabtu 23 April 2022 di Sederet Wilayah Ini, Hujan Lebat hingga Angin Kencang Akan Terjadi Kecuali di DKI Jakarta dan Papua Barat

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 23 April 2022 | 07:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Sabtu 23 April 2022 (Freepik.com)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Sabtu 23 April 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG.

Seperti diketahui, sejak awal tahun 2022 lalu, Indonesia sering dilanda cuaca ekstrem. Bahkan, gara-gara hal tersebut, banyak wilayah yang mengalami kerugian besar.

Maka dari itu, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads tidak mengalami hal mengerikan.

Dengan mengetahui cuaca yang akan terjadi pula, Moms dan Dads bisa bersiap-siap untuk menghadapinya.

BMKG memberikan informasi bahwa ada 30 wilayah di Indonesia mengalami cuaca ekstrem. Cuaca ekstrem ini adalah hujan lebat serta petir dan diikuti angin kencang.

Sebanyak 25 wilayah berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Sementara, sisanya hujan disertai angin kencang saja.

Dari informasi yang sudah diumumkan oleh BMKG, terpantau Bibit Siklon Tropis 98S dan 99S di Samudra Hindia barat daya Banten dan Laut Banda.

Lalu, membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Selat Malaka hingga Sumatra Barat, dari pesisir barat Sumatra Barat hingga Bengkulu, di Samudra Hindia selatan Bengkulu, dan dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara.

Sementara, sistem 98S menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet) hingga lebih dari 25 knot yang terpantau memanjang di Samudra Hindia selatan Jawa Barat-Bengkulu.

Baca Juga: Alam Sedang Tidak Baik-baik Saja, BMKG Langsung Beri Peringatan pada Jumat 22 April 2022 Indonesia Bakal Dihantam Cuaca Ekstrem Hujan Lebat hingga Angin Kencang! Papua Barat Jadi Wilayah yang Aman

Terpantau juga Pusat Tekanan Rendah terpantau di Teluk Carpentaria, membentuk daerah konvergensi memanjang di Australia bagian utara dan Sirkulasi Siklonik di Laut Maluku yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Laut Filipina dan di Filipina.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Aceh hingga Sumatra Utara, Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat.