Anak Panas Setelah Imunisasi DPT? Yuk, Kenali Lebih Dalam Mengenai Imunisasi DPT Mulai dari Manfaat dan Efek Sampingnya

By Kintan Nabila, Minggu, 24 April 2022 | 19:30 WIB
Ketentuan pemberian imunisasi DPT untuk anak (Freepik)

Nakita.id - Moms, pemberian imunisasi sangat penting dan wajib bagi anak sejak ia lahir.

Tak perlu bingung, saat ini ada banyak fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan imunisasi baik secara gratis ataupun berbayar, misalnya di posyandu.

DR. Dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI menjelaskan mengenai pentingnya imunisasi.

"Imunisasi merupakan program yang sangat efektif dalam rangka menurunkan angka kesakitan, kecacatan, dan kematian akibat penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (pd3i)," katanya dalam konferensi pers virtual World Immunization Week 2022, Kamis (14/4/2022).

"Didalamnya antara lain ada tuberculosis, polio, difteri, hepatitis B, partusis atau batuk rejan, tetanus pada bayi baru lahir, radang paru (pemonia), radang selaput otak (meningitis), campak rubella, sindrom kecacatan bawaan akibat rubella dan radang selaput otak, juga penyakit lain seperti kanker serviks," lanjutnya.

Nah Moms, seperti yang dijelaskan barusan ada banyak sekali manfaat imunisasi yang bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Kemudian dr. Prima Yosephine, MKM, Plt.Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan RI menjelaskan seperti apa cara kerja imunisasi dalam melindungi tubuh dari penyakit.

"Imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan/meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit," kata dr Prima.

"Sehingga bila suatu saat terpajan (terpapar) dengan penyakit tersebut, maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan," lanjutnya.

Baca Juga: Amankah Melakukan Suntik Imunisasi TT (Tetanus) Saat Sedang Hamil? Simak Apa Saja Manfaat dan Bagaimana Aturan Pemberiannya

dr prima menjelaskan, macam-macam imunisasi yang tersedia di Indonesia, berdasarkan urutannya mulai dari:

Imunisasi Hepatitis B, BCG, OPV 1, DPT/HepB/Hib1, OPV2, PCV1, DPT/HepB/Hib2, OPV3, PCV2, DPT/HepB/Hib3, OPV4, IPV, MR, JE, PCV3, DPT/HepB/Hib4, MR2.