4 Aneka Obat Batuk Alami Untuk Anak

By Gisela Niken, Senin, 16 Mei 2016 | 02:45 WIB
4 Aneka Obat Batuk Alami Untuk Anak (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Jika anak sakit tentu Mama bingung obat apa yang aman diminum untuk anak. Batuk menjadi salah satu penyakit yang umum terjadi pada anak. Banyak orangtua yang memilih obat-obatan alami untuk menyembuhkan batuk. Menurut beberapa penelitian, obat batuk paling manjur adalah obat yang dibuat sendiri. Berikut beberapa obat batuk alami untuk anak yang bisa Mama buat sendiri di rumah.Baca juga: 5 makanan untuk menyembuhkan flu dan batuk

1.Madu dan lemonBerbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa madu punya khasiat untuk mengurangi gejala batuk. Mama juga bisa membuat teh dengan campuran madu dan lemoh untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Madu dapat mengurangi lenderi pada tengggorokan sementara lemon yang mengandung vitamin C akan meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan batuk. Hindari untuk memberikan madu pada anak usia di bawah 1 tahun. Sebagai gantinya, Mama bisa memberinya air hangat. Untuk anak di atas usia1 tahun, berikan setengah sendok teh madu selama satu hari. Mama bisa memberi dua hingga empat kali lipat tergantung dengan tingkat keparahan batuk.Baca juga: 4 jenis batuk pada bayi, kenali bedanya!

2.Minyak esensial dan balsemPenggunaan minya esensial akan mengobati rasa sesak di dada. Gunakan minyak esensial seperti kayu putih atau minyak zaitun di dada untuk melegakan lendir dan batuk. Menggosok balsem sebelum tidur pada dada dan punggung akan membuat si kecil nyaman saat tidur. Mungkin balsem tidak membuat bayi sembuh dari batuk, namun mereka membuat anak jadi lebih rileks dan bernafas jadi lebih mudah.

3. HidrasiCara ini merupakan cara yang paling mudah untuk menyembuhkan batuk pada anak. Menjaga anak tidak dehidrasi sangat penting saat si kecil mulai menunjukkan gejala batuk. Untuk bayi, pastikan ia mendapatkan cukup ASI atau susu formula. Jangan memberikan bayi air putih sebab ginjal belum mampu mengolah air putih. Untuk anak-anak, berikan air dan jus untuk menjaga mereka tetap hidrasi.Baca juga: Buat obat batuk herbal anak di rumah

4.UapUap dapat melegakan lendir di tenggorokan. Berikan anak mandi air hangat saat mengalami batuk. Biarkan ia menghirup uap yang keluar dari air hangat. Mama juga bisa menyiapkan baskom berisi air hangat dengan dicampur minyak kayu putih. Kemudian minta si kecil menghirup udara agar memberikan rasa lega pada tenggorokan.

Obat batuk alami untuk anak ini bisa Mama praktekkan sendiri di rumah. Mencegah anak terlalu lelah dan menjaga pola makan dapat menjadi cara untuk mengatasi batuknya tanpa menggunakan obat. Bawalah si kecil ke dokter jika dalam kurun dua minggu batuknya tidak kunjung sembuh.(Niken/New Kids Center)