Sering Ngeluh Puting Payudara Masuk ke Dalam saat Menyusui Anak? Ketahui Apa Saja Penyebab dan Cara Mengatasinya

By Kintan Nabila, Senin, 2 Mei 2022 | 15:45 WIB
Penyebab puting payudara masuk ke dalam (Freepik)

Nakita.id - Salah satu hal yang dikhawatirkan para wanita adalah puting yang masuk ke dalam. Apalagi saat Moms mulai memasuki periode menyusui Si Kecil. Puting yang masuk ke dalam biasanya posisinya terbalik.

Yakni puting mengarah ke dalam atau datar dan bukan mengarah ke luar. Kondisi ini bisa terjadi pada satu payudara atau keduanya. Penyebabnya bisa bawaan lahir atau ada kondisi medis tertentu. Pada kasus yang disebabkan oleh kondisi medis tertentu, kemungkinan penyebabnya meliputi: Kanker payudara, Duct ectasia (pelebaran saluran susu dan penebalan dindingnya), penyakit payudara fibrokistik, Mastitis periductal (peradangan dan infeksi pada saluran susu yang tersumbat), dan lainnya.

Kondisi puting yang masuk ke dalam memiliki beberapa tingkatan gejala, di antaranya: Baca Juga: Mulai Sekarang Jangan Pakai Bra yang Sama Sampai Berhari-hari, Efeknya Bisa Picu Jerawat dan Lecet pada Puting Kalau Jarang Dicuci

1. Tingkat 1 Puting dapat dengan mudah ditarik ke luar dan kadang-kadang akan menonjol dengan sendirinya dengan dingin atau rangsangan. Moms pun masih bisa menyusui Si Kecil 2. Tingkat 2 Puting dapat ditarik keluar, tetapi dengan cepat kembali ke bentuk aslinya ke dalam. Kondisi ini membuat Moms sering mengalami kesulitan dalam menyusui Si Kecil. 3. Tingkat 3 Kondisinya ini paling parah, yakni puting tidak dapat ditarik keluar sehingga Moks tidak bisa menyusui. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasan berikut ini. Baca Juga: Bikin Busui Jadi Senang Bukan Main, Coba Gunakan Garam yang Dibuat Seperti Ini untuk Mengatasi Puting Susu yang Lecet Selama Menyusui Si Kecil

Untuk mengatasi masalah puting masuk ke dalam, Moms bisa melakukan beberapa cara ini Pertama, secara manual dengan teknik Hoffman. Latihan ini dapat berguna jika puting rata atau agak terbalik ketika Moms hendak bersiap-siap menyusui Si Kecil. Caranya letakkan ibu jari di kedua sisi pangkal puting dan tekan ke bawah. Lakukan terus menerus ke semua sisi puting. Kemudian cara lainnya dengan menggunakan bantuan perangkat eversi puting. Metode ini dilakukan dengan alat suntik atau alat pengisap. Kemudian untuk kondisi yang lebih serius bisa dilakukan pembedahan. Namun, apabila puting sebelumnya menonjol lalu kemudian berbalik ke dalam tanpa alasan yang jelas segera hubungi dokter.

Baca Juga: Bukan Hanya Adanya Benjolan, Berikut Gejala Kanker Payudara Pada Laki-laki

Artikel ini telah tayang di GridHealth dengan judul "Waspadai Penyebab Puting Masuk Ke Dalam Ini, Bisa Jadi Pertanda Masalah Medis"