Bolehkah Bayi Diajak Berenang di Laut? Ini Syarat Aman Mengajak Si Kecil Renang di Tempat Umum

By Nita Febriani, Jumat, 29 April 2022 | 11:30 WIB
Kapan bayi boleh diajak renang? simak tips mengajak bayi renang secara aman berikut ini (pixabay)

Nakita.id - Banyak Moms yang bertanya-tanya, bolehkah bayi diajak berenang di laut?

Renang merupakan salah satu aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga. Moms juga tentu ingin mengajak Si Kecil ikut serta.

Pada dasarnya anak kecil akan suka bila diajak bermain air dan berenang di kolam. Selain itu, mengajarkan anak renang juga akan membantu mereka tetap aman dan bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.

Bahkan bayi kecil pun bisa diajak berenang ke kolam, tetapi pastikan Moms mengikuti tips berikut ini sebelum mengajak bayi berenang.

Kapan bayi mulai bisa berenang?

Bayi yang baru lahir tidak bisa berenang — mereka harus belajar, sama seperti mereka belajar berjalan.

Tetapi kebanyakan bayi senang berada di air dan memiliki refleks untuk melakukan gerakan renang primitif.

Bayi bisa masuk ke air sejak baru lahir. Namun, bayi belum bisa mengatur suhu tubuh mereka seperti orang dewasa, jadi sangat penting untuk memastikan air kolam tidak terlalu dingin.

Bayi juga dapat terkena infeksi dari air. Oleh karena itu, umumnya usia terbaik untuk mengajak bayi renang adalah setelah berusia di atas 2 bulan.

Baca Juga: Jangan Sampai Lupa Ajarkan Anak Renang Sejak Dini Ya, Ternyata Ini Manfaatnya untuk Si Kecil, Bisa Mengasah Kemampuan Motoriknya

Tips Aman Mengajak Bayi Renang

Sebelum mengajak bayi renang, Moms bisa membiasakan bayi dengan air di rumah saat mandi. Biarkan mereka menikmati mengambang sambil Moms memegangnya dan merasakan air di kulit mereka.