Jangan Sampai Asam Urat Kambuh saat Lebaran! Catat 4 Buah yang Bisa Memperparah Penyakit Asam Urat

By Kintan Nabila, Minggu, 1 Mei 2022 | 03:00 WIB
Buah-buahan yang bisa memicu asam urat kambuh (freepik)

Nakita.id - Moms dan Dads, jangan sampai penyakit asam urat yang kambuh merusak hangatnya momen lebaran bersama keluarga. Asam urat merupakan peradangan yang ditandai dengan rasa nyeri dan pembengkakan pada persendian. Biasanya gejalanya berlangsung selama satu atau dua minggu, sebelum kondisinya membaik. Melansir dari GridHealth, Asam urat biasanya menyerang beberapa bagian tubuh ini, diantaranya: - Bursae, kantung seperti bantal yang ada di antara tulang dan jaringan lunak - Selubung tendon atau selaput yang mengelilingi tendon - Ginjal, sebab asam urat yang tinggi bisa menyebabkan pembentukan batu dan kerusakan ginjal Seperti gejala asam urat yang mendadak kambuh?

Berikut beberapa diantaranya:Baca Juga: Modalnya Cuma Salak, Begini Cara Sembuhkan Asam Urat dengan Mudah

Saat asam urat kambuh, seseorang akan merasakan nyeri yang intens di bagian jempol kaki. Kemudian menyebar ke bagian tubuh yang lain seperti pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari-jari. Rasa sakit paling parah bisa dirasakan pada empat hingga 12 jam pertama. Asam urat bisa kambuh karena dipicu oleh makanan dengan kandungan purin yang tinggi, misalnya daging merah. Di samping daging merah, ternyata ada beberapa buah-buahan yang bisa memicu asam urat, apa saja?

1. Nangka Buah tropis mempunyai kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh seperti vitamin C, asam folat (vitamin B9), magnesium, dan kalium. Namun, bagi penderita asam urat sebaiknya membatasi atau bahkan menghindari buah nangka. Nangka mengandung kadar purin yang tinggi sehingga bisa menyebabkan asam urat kambuh.

Baca Juga: Semua Orang Wajib Waspada! Ciri-ciri Seperti Ini Bisa Jadi Pertanda Asam Urat Telah Kronis, Segera Cek ke Dokter

2. Rambutan Jika tingkat kematangan rambutan terlalu tinggi, gula dalam buah ini bisa berubah menjadi alkohol. Karenanya mengonsumsi buah rambutan yang berlebihan tidak disarankan, karena bisa memicu peningkatan asam urat. 3. Durian Terdapat kandungan purin dan kolesterol yang tinggi dalam durian. Oleh karenanya buah ini bisa meningkatkan kadar kolesterol dan memicu asam urat kambuh. 4. Nanas Sama seperti gula alami dalam rambutan, gula dalam nanas bisa berubah menjadi alkohol saat ada di dalam sistem pencernaan. Alkohol yang terbentuk secara alami tersebut, dapat memicu kenaikan kadar asam urat.

Baca Juga: Gak Ngeluh Lagi Sakit-sakitan, Asam Urat Sembuh Total Cuma Pakai Ketumbar yang Diolah dengan Cara Ini

Artikel ini telah tayang di GridHdalth dengan judul "Tak Banyak yang Tahu, 4 Buah Ini Bisa Memperparah Penyakit Asam Urat"