Hepatitis Akut Misterius Mematikan Anak-anak, Benarkah Berisiko Menyerang Orang Dewasa?

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Jumat, 6 Mei 2022 | 14:00 WIB
Bisakah hepatitis akut misterius menyerang orang dewasa? (pixabay.com)

Nakita.id - Kasus hepatitis akut misterius yang beberapa waktu belakangan ini mengkhawatirkan para orang tua mulai menyebar di Indonesia.

Sebelumnya, untuk kali pertama ditemukan tiga kasus hepatitis akut misterius yang membuat tiga pasien anak-anak di Indonesia meninggal dunia.

Selain di Indonesia, hingga 1 Mei 2022, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat kasus hepatitis akut misterius ditemukan pada 228 anak di 20 negara.

Sementara di Indonesia, Kementerian Kesehatan (kemenkes) mencatat sebanyak tiga anak meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit tersebut.

Kemenkes juga menyebutkan hasil pemeriksaan laboratorium di luar negeri menunjukkan banwa 74 kasus hepatitis akut misterius terdeteksi adenovirus.

Setelah dilakukan tes molekuler, teridentifikasi sebagai adenovirus F41 atau adenovirus tipe 41.

Sementara 20 kasus hepatitis akut misterius lain terdeteksi SARS-CoV-2 dan 19 kasus lainnya terdeteksi ko-infeksi SARS-CoV-2 dan adenovirus.

Baik di luar negeri maupun di Indonesia, kasus hepatitis akut misterius diketahui semuanya menyerang anak-anak di bawah usia 16 tahun.

Alhasil banyak masyarakat awam yang bertanya-tanya mengenai penyakit tersebut.

Baca Juga: Kemenkes Sebut Hepatitis Misterius pada Anak Mulai Menyebar ke Beberapa Daerah di Indonesia, Ungkap Kaitannya dengan Vaksin Covid-19

Salah satu pertanyaan yang sering diutarakan adalah apakah hepatitis akut misterius bisa menyerang orang dewasa?

Pertanyaan tersebut pun ditanggapi Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi seperti dikutip dari Kompas (5/5/2022).