Tahap Perkembangan Mata Bayi Sesuai Usianya, Para Moms Wajib Tahu yang Satu Ini

By Shannon Leonette, Jumat, 6 Mei 2022 | 14:53 WIB
Moms harus tahu seperti apa tahap perkembangan mata bayi. (pexels.com/Burst)

Nakita.id - Berikut ini tahap perkembangan mata bayi yang wajib Moms ketahui.

Mata bayi, khususnya bayi baru lahir, belum bisa melihat secara sempurna karena sistem visualnya belum berkembang sepenuhnya.

Maka dari itu, kemampuan melihat bayi membutuhkan waktu untuk berkembang, sama halnya saat mereka belajar berjalan dan berbicara.

Mengutip AOA via Kompas (4/5/2022), kemampuan melihat bayi baru lahir meningkat signifikan selama beberapa bulan pertama kehidupan mereka.

Berikut ini adalah beberapa tahap perkembangan mata bayi baru lahir yang perlu diperhatikan.

1. Bayi baru lahir hingga usia 4 bulan

Saat lahir, penglihatan bayi dipenuhi dengan segala macam rangsangan visual.

Meski bayi baru lahir membuka mata dan melihat dengan seksama, penglihatannya hanya bisa fokus pada objek dengan jarak 20-25 cm dari wajahnya.

Bayi belum mengembangkan kemampuannya untuk membedakan antara dua target atau menggerakkan mata mereka di antara dua gambar dengan mudah.

Baca Juga: Selama Ini Banyak Ibu yang Tak Tahu, Kenali Sekarang Juga 5 Penyebab Mata Berair pada Bayi, Salah Satunya Bintitan

Tahap perkembangan mata bayi usia 8 minggu, bayi mulai lebih mudah memfokuskan mata mereka pada wajah orang tua atau orang lain di dekat mereka.

Kemudian, pada usia 2 bulan pertama kehidupan, mata bayi tidak terkoordinasi dengan baik dan mungkin tampak mengembara atau juling, yang mana adalah normal.