Telinga Sering Berdengung Terus Menerus Sebaiknya Jangan Disepelekan, Ketahui Penyebab dan Prosedur Pemeriksaannya oleh Dokter

By Kintan Nabila, Rabu, 11 Mei 2022 | 16:26 WIB
Penyebab telinga sering berdengung dan cara mengatasinya (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Nakita.id - Apakah Moms pernah mendengar suara dengungan di telinga?

Biasanya dengungan ini disertai dengan suara mendesis, suara seperti bunyi klik, atau siulan.

Nah, kondisi ini dalam dunia medis dikenal dengan sebutan Tinnitus.

Biasanya tinnitus hanya terjadi sementara, namun dalam beberapa kasus ada yang bersifat kronis dan dikaitkan dengan kondisi medis serius.

Mengutip dari Medical News Today, tinnitus disebabkan oleh kerusakan pada sel-sel rambut sensorik kecil di koklea telinga bagian dalam.

Umumnya tinnitus disebabkan oleh bertambahnya usia, terpapar suara yang terlalu keras dalam waktu lama, memiliki gangguan pendengaran.

Serta, penggunaan obat seperti aspirin, ibuprofen, antibiotik tertentu, dan diuretik dapat menyebabkan kerusakan pada telinga bagian dalam.

Bisa juga disebabkan oleh beberapa faktor seperti, mengalami cedera kepala dan leher, terdapat benda asing atau kotoran menyentuh gendang telinga, gangguan sendi temporomandibular.

Serta, pengerasan tulang telinga tengah, cedera otak traumatis, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan terdapat pertumbuhan abnormal di area telinga seperti tumor.

Baca Juga: Telinga Berdengung Harus Diwaspadai, Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius Seperti Tumor

Selain mengalami suara dengungan pada telinga, berikut beberapa gejala tinnitus yang kerap dialami.

Diantaranya, sering mendengar suara yang terputus-putus atau terus menerus di satu atau kedua telinga dengan nada rendah atau tinggi.