Begini Cara Daftar Online Puskesmas di Pulau Jawa Termasuk Kota Yogyakarta dan Semarang, Cukup Pakai Aplikasi dan Laman Resmi Berikut Ini

By Amallia Putri, Rabu, 11 Mei 2022 | 15:00 WIB
Cara daftar online puskesmas yang ada di pulau Jawa, termasuk di kota Yogyakarta, Surabaya, DKI Jakarta, dan Semarang (Dok. Nakita)

Nakita.id - Berikut adalah cara daftar online Puskesmas yang ada di Pulau Jawa. Bagi Moms yang berdomisili di Yogyakarta, DKI Jakarta, Surabaya, dan Semarang wajib simak yang satu ini.

Saat ini, angka kasus Covid-19 makin menurun. Bahkan, dikabarkan pasien Covid-19 di tempat-tempat karantina pun sudah semakin sedikit.

Di masa pandemi, apapun yang kita lakukan berbasis online. Bahkan, mendaftarkan diri untuk berobat di fasilitas kesehatan pun sebisa mungkin harus via daring.

Karena sudah terbiasa dengan gaya hidup yang serba virtual, walaupun kasus Covid-19 mulai menurun, tak membuat Moms untuk melakukan segala hal melalui ponsel.

Salah satunya adalah mendaftarkan diri untuk berobat dan berkonsultasi di Puskesmas secara online.

Cara untuk daftar antrean di Puskesmas secara online memang beragam. Untuk Moms yang ada di Yogyakarta, DKI Jakarta, Surabaya, dan Semarang bisa mendaftarkan diri melalui laman resmi dan aplikasi yang sudah disediakan.

Simak berikut ini cara daftar online Puskesmas:

1. DKI Jakarta

Khusus untuk Moms yang berdomisili di DKI Jakarta, wajib unduh aplikasi JakSehat terlebih dahulu.

Baca Juga: Biaya KB di Puskesmas Terjangkau Untuk Semua Kalangan, Ketahui Pertimbangan Saat Memilih Alat Kontrasepsi yang Aman dan Ekonomis

JakSehat merupakan aplikasi terbaru dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang menyediakan berbagai macam layanan kesehatan.

Selain registrasi ke rumah sakit umum daerah, pencatatan imunisasi, dan konsultasi kesehatan jiwa, melalui aplikasi tersebut Moms juga bisa daftar online Puskesmas melalui aplikasi ini.