Mengatasi Demam pada Anak Tanpa Obat yang Benar Adalah Mengompres dengan Air Dingin atau Air Hangat? Ini Jawabannya!

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Kamis, 12 Mei 2022 | 13:00 WIB
Mengatasi demam pada anak tanpa obat ()

Nakita.id - Ketika Si Kecil mengalami demam, Moms tentu sangat khawatir.

Apalagi jika Si Kecil mengalami demam setelah liburan panjang seperti yang sedang ramai seperti saat ini.

Sepulang mudik atau liburan, banyak Moms yang mengeluhkan anaknya mengalami demam.

Tentu hal ini sangat wajar. Momen berkumpul dengan keluarga dan keluar ke tempat umum membuat anak-anak sangat rentan terpapar virus. Apalagi selama perjalanan mudik maupun berlibur, waktu istirahat anak berkurang dan dapat menurunkan sistem imunnya.

Dr. dr. Anggraini Alam, Sp.A(K) Ketua Unik Kerja Koordinasi (UKK) Infeksi Tropik mengatakan, risiko paparan kuman penyebab penyakit bisa terjadi selama perjalanan hingga saat sampai di tempat tujuan.

"Mulai dari berangkat, moda transportasi umum yang berbeda tidak hanya satu keluarga, kita berkumpul. Sampai ke tujuan, sangat mungkin anak terpapar dengan berbagai makanan air dan makanan yang terkontaminasi mikroorganisme," kata dr Anggraini dalam diskusi virtual ‘Serba-Serbi Penyakit Anak Pasca Lebaran’, Selasa (10/05/2022) kemarin.

Selain itu, selama perjalanan anak juga mungkin saja terkena gigitan serangga yang bisa menularkan penyakit infeksi.

Untuk memastikan kondisi anak, orangtua dapat mengecek suhu tubuh anak secara mandiri menggunakan thermometer.

Menurut dr Anggraini, suhu tubuh yang normal berkisar di angka 36,8 derajat Celsius. Jika dilakukan tes pada pukul 09.00, maka akan didapati suhu tubuh tertinggi 36,4-37 derajat Celsius.

Baca Juga: Anak Demam Pulang Mudik, Orangtua Bisa Segera Sembuhkan Dengan Perawatan Alami Ini di Rumah, Bisa Jadi Pilihan Sebelum Berobat ke Dokter

Seorang anak diindikasikan demam, apabila suhu tubuhnya sudah lebih dari 37,5 derajat Celsius.

"Demam adalah reaksi tubuh normal untuk melawan kuman. Jadi tubuh kita dengan adanya demam, justru bisa menekan mikroorganisme untuk tumbuh," kata dr Anggraini.