3 Manfaat yang Akan Didapatkan Si Kecil Jika Moms dan Dads Berperan Sama dalam Pengasuhan

By Nita Febriani, Jumat, 13 Mei 2022 | 22:15 WIB
4 Manfaat yang akan dirasakan anak jika orangtua berperan sama (pexels)

Nakita.id - Memiliki kedua orang tua yang berperan sama dalam kehidupan anak secara objektif sangat bermanfaat bagi anak.

Gagasan bahwa anak-anak mendapat manfaat dari memiliki kedua orang tua dalam hidup mereka bukan hanya klaim berdasarkan emosi orang tua.

Hal ini didasarkan pada penelitian akademis dan studi yang telah melihat ke dalam isu-isu yang berkaitan dengan hak asuh anak.

Sebuah studi penelitian komprehensif diterbitkan dalam Journal of Divorce and Remarriage yang mengumpulkan 40 studi berbeda yang membahas manfaat dari keluarga yang mengasuh bersama.

Semua studi memiliki kesimpulan yang sama pada orangtua yang mau berperan sama.

Studi ini menghubungkan pola asuh dimana ayah dan ibu berperan sama dengan hasil yang lebih baik untuk anak-anak dari segala usia di berbagai ukuran akademik, perilaku, emosional, dan kesehatan fisik.

Studi ini tidak menemukan bukti bahwa tidur atau mengasuh anak secara bersama-sama memberikan hasil negatif untuk bayi atau balita, seperti apa yang diyakini banyak orang.

Studi tambahan dari Malin Bergstrom, seorang peneliti di Center for Health Equity Studies, mencapai temuan serupa.

Dalam studinya yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology & Community Health, anak yang mendapatkan porsi pengasuhan sama antara ayah dan ibu mendapatkan 3 manfaat luar biasa ini:

Baca Juga: Tak Perlu Malu untuk Berperan Sama Mengurus Si Kecil, Ini yang Sebaiknya Dads Lakukan Saat Anak Mendadak Tantrum

1. Lebih berprestasi di sekolah

Sebuah studi dari University of Missouri menerapkan teori keterikatan dan pentingnya hubungan orang tua-anak, untuk keberhasilan akademis dan perjuangan akademis yang mungkin dialami seorang anak.