BMKG Beri Peringatan pada Sabtu 14 Mei 2022 Indonesia Bakal Dihantam Cuaca Ekstrem Hujan Lebat hingga Angin Kencang, Tolong Semuanya Berlindung! Wilayah yang Aman Hanya DKI Jakarta

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 14 Mei 2022 | 07:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Sabtu 14 Mei 2022 (Pexels.com)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Sabtu 14 Mei 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG.

Pasalnya, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada besok buat Moms dan Dads yang akan merencanakan sesuatu di luar ruangan. Cuaca ekstrem yang dimaksud angin kencang serta hujan lebat bahkan diserati petir atau kilat.

BMKG memprediksi 13 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang. Sementara, 2 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

BMKG menginformasikan, terdapat Sirkulasi siklonik terpantau di Laut Banda.

Daerah konvergensi terpantau memanjang di Bengkulu, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Kalimantan Tengah hingga utara Kalimantan Utara, di Sulawesi bagian tengah, di Laut Sulawesi, di Laut Filipina, dari Papua Barat hingga Samudra Pasifik utara Papua Barat.

Sementara, dari Laut Arafura hingga Papua juga terpantau terjadi konvergensi memanjang.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang:

- Aceh

Baca Juga: Segera Berlindung di Tempat Aman! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Jumat 13 Mei 2022, Mana Saja?

- Riau

- Sumatera Selatan