Tak Perlu Pakai Kondisioner, Begini Cara Mengatasi Rambut Kering Akibat Diwarnai

By Shinta Dwi Ayu, Rabu, 18 Mei 2022 | 13:27 WIB
Cara mengatasi rambut kering akibat diwarnai (Nakita.id/Shinta Dwi Ayu)

Nakita.id - Para Moms wajib tahu, begini cara mengatasi rambut kering. Penampilan rambut memang menjadi suatu hal penting yang harus diperhatikan setiap orang. Karena rambut sangat berpengaruh besar terhadap wajah kita. Bukan hanya model potongannya saja, warna rambut juga sangat menentukan wajah terlihat segar apa tidak. Hampir sebagian besar orang Indonesia memiliki warna rambut hitam. Dulu orang beranggapan bahwa rambut hitam terlihat begitu bagus dan sehat. Namun, berbeda dengan sekarang, yang mana banyak orang suka mewarnai rambutnya. Mulai dari warna merah, cokelat, abu-abu, hijau, biru, kuning, bahkan putih sekalipun. Mewarnai rambut memang membuat penampilan seseorang berbeda dari biasanya.

Baca Juga: Jangan Pakai Cat Rambut, Begini Cara Menghitamkan Rambut Anak Pakai Minyak Orang Aring

Akan tetapi, keseringan mewarnai rambut juga tidak direkomendasikan, Moms. Karena, umumnya pewarna rambut mengandung bahan yang sangat keras. Sehingga, berpotensi merusak rambut dan kulit kepala. Idealnya, ketika ingin mewarnai rambut, maka Moms juga harus rajin untuk melakukan perawatan. Misalnya, dengan rutin menggunakan masker rambut, atau yang paling mudah adalah dengan menggunakan kondisioner. Karena, rambut yang sudah diwarnai, rata-rata akan lebih keras dan kering. Jika kering, rambut menjadi terlihat tak sehat dan tidak ternutrisi. Akan tetapi, selain kondisioner, ada bahan alami yang sebenarnya bisa bantu atasi rambut kering akibat diwarnai, lo. Salah satu bahan alami tersebut adalah pisang.

Baca Juga: Hanya dengan Mencampur Bawang Bombay dengan Bahan Ini, Uban Dijamin Hilang Tak Bersisa dan Rambut Jadi Hitam Kembali

  Melansir dari Healthline, buah pisang memiliki kandungan silika alami. Sehingga, dapat bantu memulihkan kolagen rambut Moms. Caranya mudah, Moms tinggal tumbuk saja pisang sampai halus. Kemudian, oleskan pada rambut secara merata dan diamkan beberapa saat. Dengan cara tersebut, dijamin rambut yang awalnya kering akan lebih bernutrisi. Selain pisang, Moms juga bisa menggunakan santan kelapa untuk mengatasi rambut kering.

Santan kelapa memiliki kandungan asam laurat yang tinggi. Kandungan tersebut berguna untuk memperkuat dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Nah, itu dia beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut kering. 

Baca Juga: Jadikan Wortel Sisa yang Ada di Lemari Es Jadi Masker untuk Rambut Seperti Ini Sehingga Tak Terbuang Sia-sia