Supaya Segera Dapat Vaksin Booster, Begini Cara Mengetahui Jadwal Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi

By Shinta Dwi Ayu, Rabu, 18 Mei 2022 | 18:42 WIB
Cara mengetahui jadwal vaksin di aplikasi PeduliLindungi (Nakita.id/Shinta Dwi Ayu)

Nakita.id - Penting untuk diketahui, berikut cara mengetahui jadwal vaksin di aplikasi PeduliLindungi. Sampai saat ini, pemerintah masih terus menggalakan program vaksin Covid-19. Kini, pemerintah tengah mengupayakan seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster. Vaksin booster ini sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya supaya Moms, Dads, dan Si Kecil bisa mendapatkan perlindungan ekstra. Karena pada dasarnya, efektivitas vaksin bisa menurun dalam beberapa bulan. Maka dari itu, diperlukan vaksin booster untuk memperkuat efektivitas tersebut. Sebelum melakukan vaksin booster, ada baiknya Moms melihat jadwalnya terlebih dahulu. Untuk memastikan apakah memang sudah saatnya Moms melakukan vaksin booster atau belum.

Baca Juga: Sakit Setelah Vaksin Booster, Jangan Panik Dulu karena karena Gejalanya Bisa Diatasi dengan Melakukan Sejumlah Langkah Ini

  Untuk melihat jadwal vaksin tersebut, Moms bisa melihatnya di aplikasi PeduliLindungi.

Sayangnya, tidak semua orang mengerti bagaimana cara melihat jadwal vaksin di aplikasi PeduliLindungi. Sebenarnya, mudah sekali Moms untuk melihat jadwal vaksin di aplikasi tersebut. Supaya lebih mudah, berikut ini caranya: 1. Buka aplikasi PeduliLindungi. 2. Masuk dengan akun yang terdaftar. 3. Klik menu “Profil” dan pilih “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”. 4. Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun. 5. Untuk cek tiket vaksin, masuk ke menu “Riwayat dan Tiket Vaksin”.

Baca Juga: Ketahui Tahapan Imunisasi Anak yang Benar, Vaksin Hepatitis B Jadi yang Pertama Kali Diberikan

  Jika sudah ada jadwal vaksin dan tiketnya, maka Moms bisa datang ke puskesmas terdekat. Supaya segera mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster. Karena, vaksin booster sampai saat ini masih menjadi syarat perjalanan. Tanpa adanya sertifikat vaksin booster, Moms akan sulit bepergian jauh. Terutama, ketika bepergian naik kendaraan umum. Seperti kereta, pesawat, dan lainnya yang memang mewajibkan vaksin booster. Jadi, jangan lupa ya Moms untuk segera melakukan vaksin booster. Supaya lebih mudah ketika hendak bepergian. Nah, itu dia cara mengetahui jadwal vaksin di aplikasi PeduliLindungi. Semoga membantu, Moms!

Baca Juga: Kemenkes Sebut Hepatitis Misterius pada Anak Mulai Menyebar ke Beberapa Daerah di Indonesia, Ungkap Kaitannya dengan Vaksin Covid-19