Supaya Bisa Digunakan Kembali, Begini Cara Hilangkan Noda Karat Pada Alat Masak Hanya dengan Kentang

By Shinta Dwi Ayu, Kamis, 19 Mei 2022 | 13:37 WIB
Cara hilangkan noda karat pada alat masak. (Shinta Dwi Ayu)

Nakita.id - Para ibu rumah tangga wajib tahu, begini cara hilangkan noda karat pada alat masak. Memasak dianggap menjadi salah satu kegiatan wajib oleh para ibu rumah tangga yang harus dilakukan setiap hari. Dengan memasak para ibu rumah tangga bisa memberikan makanan yang memang sesuai selera keluarganya. Selain itu, dengan memasak ibu rumah tangga juga bisa memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi keluarganya sehat dan bergizi. Tak heran bila banyak ibu rumah tangga yang selalu menyempatkan diri untuk memasak di rumah. Karena hal tersebut pula, para ibu rumah tangga memiliki alat masak andalannya masing-masing. Mulai dari wajan, panci, sodet, hingga panggangan sekalipun. Berbicara mengenai alat masak, para Moms wajib sekali memperhatikan kebersihannya. Karena alat-alat tersebut lah yang akan bersentuhan langsung dengan makanan.

Baca Juga: Tak Perlu Repot Pakai Otot, Cukup Gunakan 4 Bahan Dapur untuk Menghilangkan Noda Karat, Salah Satunya Garam

  Jika alat masak yang digunakan tidak bersih, maka makanan yg dimasak pun tidak bersih. Serta ketika dikonsumsi, makanan bukan akan menyehatkan justru berpotensi datangkan penyakit. Ada juga beberapa alat masak yang terbuat dari bahan seng sehingga mudah sekali berkarat. Ketika berkarat, alat masak pun tidak boleh digunakan lagi. Akhirnya, banyak Moms yang menyimpan bahkan membuang alat masak yang sudah berkarat begitu saja. Padahal alat masak yang berkarat bisa dibersihkan dengan mudah hanya dengan bahan alami. Bahan alami tersebut adalah kentang Moms. Mungkin terdengar aneh, bagaimana bisa kentang bersihkan noda karat pada alat masak? Tentu saja bisa Moms, begini caranya melansir dari Merrymaids:

Baca Juga: Kloset Langsung Kinclong Tak Lagi Bikin Malu di Depan Tamu, Cuma Modal Menuangkan Baking Soda dengan Cara Seperti Ini

  Bahan-bahan yang dibutuhkan: Kentang, garam, lap bekas, dan koran. Caranya: 1. Taruh alat masak yang berkarat di atas koran supaya lantai tak ikut kotor 2. Lapisi bagian karat alat masak dengan garam secara merata 3. Potong kentang menjadi dua bagian Moms. Kemudian, gosok kentang ke bagian alat masak yang berkarat 4. Tambahkan juga sedikit minyak, supaya noda karat lebih mudah luntur 5. Ketika noda karat sudah rontok, maka bilas dengan air bersih 6. Kemudian, keringkan lah alat masak tersebut.

Baca Juga: BERITA POPULER: Hilangkan Noda Karat Pada Pisau Cukup dengan 3 Bahan Ini hingga Nyamuk di Rumah Akan Mati Berjatuhan Hanya dengan Kayu Manis