Minta Tolong Semuanya Berlindung karena BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Jumat 20 Mei 2022 untuk Indonesia, yang Aman Cuma Bali, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 19 Mei 2022 | 18:59 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Jumat 20 Mei 2022 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Moms dan Dads harus membaca tentang laporan cuaca pada Jumat 20 Mei 2022 karena ini sangat penting.

Alasannya, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem di 27 wilayah di Indonesia.

Dengan rincian, sebanyak 23 wilayah berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Serta, sisanya hujan dan angin biasa.

Ini semua karena adanya sirkulasi siklonik terpantau di Kalimantan bagian barat.

Sementara, Daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang di Laut Jawa bagian tengah dan barat, di perairan selatan Jawa Timur-Jawa Tengah.

Kemudian, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Tengah, dari Laut Maluku hingga Laut Sulawesi, dari Laut Banda timur Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dari perairan Kep. Aru hingga Laut Seram bagian timur, dan di Papua.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang:

Baca Juga: Tolong Berlindung di Tempat Aman! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem Pada Selasa 17 Mei 2022, Hujan Lebat hingga Angin Kencang Siap Melanda Wilayah Indonesia Kecuali Kalimantan Utara, Bali, dan Nusa Tenggara Barat

- Sumatera Selatan

- Kep. Bangka Belitung