Yang Harus Mama Lakukan Ketika Kakak Cemburu Pada Adik

By Gisela Niken, Rabu, 27 April 2016 | 05:35 WIB
Yang Harus Mama Lakukan Ketika Kakak Cemburu Pada Adik (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kedatangan anggota keluarga baru mungkin menyenangkan bagi Mama dan Papa. Namun, si kakak mungkin saja mengalami rasa cemburu karena pusat perhatian bukan lagi dirinya. Hal ini normal saja terjadi karena mereka belum memahami bagaimana mengelola emosi yang muncul ketika melihat si adik jadi pusat perhatian. Beberapa hal berikut dapat membantu Mama untuk mengatasi kakak yang cemburu pada adik.Baca juga: Duh, si kakak cemburu pada adik

1.Kuatkan ikatan antara Mama dan si kecilAnak biasanya berpikir bahwa Mama tidak mungkin dapat memberikan cinta kepada kakak dan adik. Mama harus mematahkan pikiran anak dengan langkah nyata. Luangkan waktu kepada si kakak dan adik. Perilaku sederhana seperti memeluk dan bermain bersama si kecil sudah membuatnya tidak kehilangan rasa cinta dari orangtua. Mungkin anak akan menolak atau merasa malas berhubungan dengan Mama. Tapi, Mama harus tetap memberikan stimulus penuh perhatian agar ia tetap merasa dicintai.Baca juga: Kakak adik kerap bertengkar

2.Mengajak anak tertawaTertawa dapat membantu manusia untuk menghilangkan kecemasan. Tertawa dapat membuat hormon stres jadi berkurang dan meningkatkan ikatan dengan Mama. Hal ini juga akan membantu mengatasi ketakutan anak seperti ketakutan tidak dicintai lagi oleh Mama. Lakukanlah permainan yang ia suka dan melucu seperti biasa agar ia tertawa bersama Mama.

Mama juga bisa mengajak si kecil tertawa bersama si adik. Hormon oksitosin yang dilepaskan saat tertawa akan meningkatkan ikatan kakak dan adik. Hal ini akan memperbaiki hubungan dan mengurangi rasa cemburu. Cobalah untuk sering melakukan kegiatan bersama agar ada kasih sayang di antara keduanya. Hal itu juga akan memberikan pengalaman pada si kakak bahwa punya adik juga menyenangkan.Baca juga: Mengapa si kecil cemburu?

3.Menjelaskan mengenai emosi yang ia rasakanTentu sulit bagi anak untuk memahami rasa cemburu pada adik yang muncul pada dirinya. Sulit juga bagi si kecil untuk mengungkapkan bahwa ia merasa cemburu. Rasa kesal dan marahnya mungkin juga tidak dipahami oleh Mama. Tanda-tanda anak cemburu antara lain menjadi sering rewel, membangkang dan jadi lebih agresif karena mencari perhatian Mama. Untuk mengatasi cemburu kakak pada adik, Mama harus membantu menjelaskan emosi yang ia rasakan.

Misalnya katakan pada si kecil bahwa Mama selalu mencintainya. Berikan ia pemahaman bahwa Mama sedang sangat sibuk sampai sulit mengekspresikan cinta padanya. Mama juga bisa mengatakan pada si kakak bahwa Mama tetap ada bersama dengan dia. Jika ia membutuhkan bantuan, Mama tetap akan membantunya.(Niken/Psychology Today)