Kapan Waktu yang Tepat Memberikan Vaksin PCV untuk Anak? Berikut Penjelasan Dokter

By Shinta Dwi Ayu, Selasa, 24 Mei 2022 | 16:58 WIB
Waktu yang tepat untuk vaksin PCV pada anak (Nakita.id/Nita Febriani)

Nakita.id - Para Moms harus tahu, berikut waktu yang tepat memberikan vaksin PCV untuk anak. Pneumonia mungkin masih terdengar asing untuk sebagian besar orang. Padahal, pneumonia adalah penyakit yang patut diwaspadai. Pneumonia merupakan suatu infeksi yang menimbulkan peradangan yang terjadi pada satu atau kedua paru-paru. Penyakit ini bisa membuat kantung udara seseorang dapat berupa cairan atau nanah. Lebih parahnya lagi, penyakit ini bukan hanya bisa dialami orang dewasa saja. Tapi, juga bisa dialami anak-anak ataupun bayi sekalipun. Ketika mengalami penyakit ini, tentu saja akan berpengaruh buruk terhadap pertumbuhan dan perkembangan bayi. Maka dari itu, penyakit pneumonia ini harus dicegah.

Baca Juga: Jangan Sampai Ada yang Terlewat! Ini Daftar Vaksin Anak Wajib dari Pemerintah yang Harus Moms Tahu

Cara mencegah penyakit pneumonia adalah dengan melakukan vaksin PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine). Menurut Dr.dr. Ina Rosalina SpA(K)., MKes., MHKes, vaksin PCV ini sangat penting untuk dilakukan anak-anak. Karena, bisa melindungi anak dari bakteri yang bisa sebabkan penyakit pneumonia. Sebagai informasi, penyakit ini bisa menyerang anak usia di bawah 5 tahun dan lansia di atas 50 tahun. "Penyakit ini dapat menyerang anak usia di bawah 5 tahun dan usia di atas 50 tahun," ungkap dr. Ina. Hal tersebutlah yang membuat WHO dan CDC merekomendasikan anak di bawah 2 tahun wajib melakukan vaksin PCV. Idealnya, vaksin PCV ini diberikan kepada anak ketika usianya 2, 4, dan 6 bulan. Sedangkan, untuk boosternya bisa diberikan pada usia 12-15 bulan. Nah, apabila vaksin PCV belum diberikan sampai anak berusia 7-12 bulan, maka harus diberikan 2 kali dengan jarak satu bulan.

Baca Juga: Taati Aturannya! Berikut Daftar Anak yang Tidak Boleh Divaksin Covid

  "Jika belum diberikan pada usia usia 7-12 bulan, PCV dapat diberikan 2 kali dengan jarak 1 bulan dan booster setelah usia 12 bulan dengan jarak 2 bulan dari dosis sebelumnya," sambung dr. Ina.

Nah, jika memang usia 1-2 tahun anak belum juga mendapatkan vaksin PCV maka bisa diberikan sebanyak dua kali. Hanya saja jarak pemberiannya minimal 2 bulan. "Jika belum diberikan usia 1-2 tahun, berikan PCV 2 kali dengan jarak minimal 2 bulan," tutur dr. Ina. Kemudian, jika anak berusia 2-5 tahun belum sama sekali mendapatkan vaksin PCV, maka bisa diberikan 3 kali penyuntikan dengan 2 jenis yang berbeda. 2 kali penyuntikannya untuk vaksin PCV 10, sedangkan 1 nya lagi untuk vaksin PCV 13. Vaksin PCV 10 artinya bisa melindungi anak dari 10 jenis penyakit streptococcus pneumoniae. Sedangkan, vaksin PCV 13 artinya bisa melindungi 13 jenis penyakit streptococcus pneumoniae. "Jika belum diberikan pada usia 2-5 tahun, PCV 10 diberikan 2 kali dengan jarak 2 bulan, PCV 13 diberikan 1 kali," tutup dr. Ina.

Nah, itu dia Moms penjelasan kapan waktu yang tepat untuk memberikan vaksin PCV pada anak.

Baca Juga: Tidak Boleh Sampai Terlewat, Ketahui Vaksin untuk Bayi 0-2 Tahun yang Wajib Diberikan untuk Perlindungan Tubuh