Supaya Bisa Jadi Pertimbangan, Berikut Kisaran Biaya Tindik Bayi di Bidan

By Shinta Dwi Ayu, Selasa, 24 Mei 2022 | 18:14 WIB
Biaya tindik bayi di bidan (Nakita.id/Karmita)

Nakita.id - Berikut biaya tindik bayi di bidan yang harus para Moms ketahui. Melakukan tindik kuping merupakan hal yang dilakukan bayi perempuan. Tindikan pada telinga biasanya dilakukan untuk membedakan antara bayi laki-laki dengan bayi perempuan. Selain itu, tindikan juga berguna untuk menggunakan anting. Anting merupakan salah satu aksesoris yang menjadi ciri khas para perempuan. Tak heran, bila sejak bayi, banyak orangtua yang langsung buru-buru menindik bayinya. Karena jika tidak ditindik, kuping bayi pun tidak akan ada lubangnya. Sehingga, susah nantinya apabila hendak menggunakan anting. Akan tetapi, melakukan tindik pada bayi tidak boleh sembarangan, Moms.

Baca Juga: Segini Besaran Biaya Tindik Bayi di Puskesmas yang Harus Dikeluarkan, Kabar Baik yang Punya Kriteria Ini Bisa Bebas Biaya Pendaftaran Sampai Penanganan

  Moms harus menindik bayi di ahlinya, seperti dokter ataupun bidan. Karena, menindik akan melukai telinga bayi. Jika tidak ditangani oleh ahlinya, maka dikhawatirkan kuping bayi akan infeksi. Apabila menindik di dokter dan bidan biasanya akan diberikan obat supaya luka tindikannya tak infeksi. Namun, masih banyak Moms yang ragu untuk membawa anaknya untuk tindik di bidan ataupun dokter karena belum mengetahui biayanya. Padahal, biaya tindik bayi di bidan masih cukup terjangkau lo, Moms.

Biaya tindik bayi di bidan

Berdasarkan wawancara yang Nakita lakukan dengan beberapa bidan, kisaran biaya tindik adalah Rp75.000 - Rp150.000. Bahkan, ada juga bidan yang menyediakan layanan tindik sekaligus sunat bayi. Jika paketan, biayanya pun cukup murah, yakni sekitar Rp300.000.

Baca Juga: Ternyata, Tindik Pada Bayi Baru Lahir Rentan Alami Infeksi, ini Umur yang Tepat!

Apabila Moms ingin melakukan tindik di dokter, tidak harus datang ke rumah sakit besar. Cukup datang saja ke puskesmas dekat rumah. Biaya tindik di puskesmas juga cukup murah, Moms. Bahkan, bisa di-cover dengan menggunakan BPJS. Sehingga, Moms tak perlu mengeluarkan uang untuk biaya tindik. Baik di puskesmas ataupun bidan, sama-sama aman Moms untuk menindik bayi. Jadi, Moms tak perlu lagi ragu membawa anak untuk tindik. Meski tak tega karena telinga anak akan terluka, hal tersebut tetap penting dilakukan. Karena jika ditindik ketika usia anak sudah besar, itu akan lebih sulit dan sakit. 

Nah, itu dia Moms kisaran biaya tindik di bidan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Heboh! Foto Bayi Usia Enam Bulan Terlihat Ditindik di Pipinya Ini Menuai Kontra