Cara Mengajarkan Anak Untuk Memahami Arti Kata Maaf

By Gisela Niken, Senin, 25 April 2016 | 23:00 WIB
Cara Mengajarkan Anak Untuk Memahami Arti Kata Maaf (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Meminta maaf menjadi salah satu sikap yang harus diajarkan pada si kecil. Agar meminta maaf jadi kebiasaan yang baik, Mama harus menjelaskan padanya arti kata maaf sehingga maaf yang ia sampaikan bukan hanya karena paksaan Mama dan Papa. Ericka Anderson, seorang psikolog anak dari Colorado mengatakan banyak anak yang tidak mau minta maaf karena merasa kesalahan tersebut bukan salah mereka. “Untuk itu, sudah menjadi tugas orangtua menyadarkan anak untuk bertanggung jawab atas kesalahan mereka,” ujarnya. Untuk itu, Mama perlu mengajarkan kata maaf pada anak sejak dini.Baca juga: Ajarkan anak meminta maaf dan memaafkan

1.Minta anak tenang terlebih dahuluKetika anak bertengkar dengan temannya, jangan langsung meminta si kecil meminta maaf saat itu juga. Emosi yang belum bisa terkontrol membuatnya tidak memahami bahwa apa yang ia dan temannya lakukan adalah hal yang salah. Pemaksaan akan membuat si kecil tidak memahami bahwa perilaku yang ia lakukan berdampak buruk bagi orang lain. Untuk itu, biarkan si kecil tenang terlebih dahulu. Berada jauh dari teman yang sedang bertengkar akan menimbulkan rasa empati dan perasaan sedikit kehilangan. Hal itu akan menggerakkan hati anak untuk meminta maaf secara tulus.

2.Meninjau apa yang terjadiSetelah meminta anak untuk tenang, Mama bisa bertanya dengan perlahan apa saja yang terjadi. Jika ia membentak teman, Mama bisa memintanya membayangkan jika hal tersebut dilakukan oleh orang lain kepadanya. Setelah itu Mama bisa membantunya untuk memberikan sikap yang seharusnya ia lakukan. Hal ini akan memberikan pengalaman dan membuat anak tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

Baca juga: Jangan malu meminta maaf pada anak3.Menjadi contohMungkin si kecil belum sampai pada pemahaman arti kata maaf. Mama bisa melakukan hal tersebut ketika si kecil marah kepada Mama. Di saat itu, Mama sebaiknya jangan membalasnya dengan membentak atau memarahinya. Mama bisa meminta maaf pada si kecil jika ada hal yang membuatnya tidak nyaman. Kelembutan yang dirasakan si kecil akan jadi pengalaman baik bahwa ketika meminta maaf seseorang akan merasa lebih tenang dan masalah bisa diselesaikan baik-baik.

4.Menebus kesalahanSetelah meminta maaf, Mama juga perlu mengajarkan pada anak untuk berbuat sesuatu yang bisa menebus kesalahan si kecil. Misalnya ketika membuat temannya menangis, mintalah si kecil untuk memeluknya atau melakukan hal yang membuatnya tersenyum.Hal ini juga penting untuk diajarkan pada anak agar ia bisa menjalin hubungan yang baik. Ini juga merupakan tanggung jawab yang dilakukan anak.Baca juga: Dampak buruk jika orangtua tidak mau meminta maaf pada anak

Mengajarkan kata maaf pada anak memang tidak semudah yang dibayangkan. Kontrol emosi yang masih belum baik membuatnya lebih senang memikirkan apa yang ia sukai. Namun, konsistensi untuk mengajarkan hal ini dapat membantu si kecil bahwa setiap kesalahan yang ia buat ada konseksuensinya. (Niken/Parents)