Solusi Dalam Mengatasi Anak Yang Tidak Mau Berbagi

By Gisela Niken, Kamis, 21 April 2016 | 23:50 WIB
Solusi Dalam Mengatasi Anak Yang Tidak Mau Berbagi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Berbagi menjadi sebuah kemampuan sosial yang dibutuhkan bagi si kecil. Hal ini memang sulit dilakukan terutama bagi anak yang memang tidak biasa berbagi mainan atau barang di rumah. Menjadi hal yang baru dan mengagetkan bagi anak ketika bertemu orang lain ia harus rela membiarkan barangnya juga digunakan orang lain. Untuk itu Mama perlu menyiapkan si kecil untuk mengatasi anak yang tidak mau berbagi.Baca juga: Kiat ajarkan berbagi pada anak

1.Mulai melakukan contoh berbagi di rumah.Persiapan ini sangat penting Mama gunakan jika si kecil ingin masuk sekolah pertama kali. Cobalah mencontohkan perilaku berbagi di rumah. Mintalah si kecil untuk memilih mainan yang ia ingin mainkan. Biarkan ia bermain beberapa menit dan cobalah untuk meminta mainan yang sedang dimainkan. Ajak si kecil bermain bersama dan berikan pengalaman padanya bahwa bermain bersama itu menyenangkan. Meski sederhana, cara ini akan memberikan pengalaman baru. Tak perlu memaksanya berbagi, si kecil cukup mendapatkan pengalaman berbagi berkali-kali hingga ia merasa nyaman dengan kebiasaan berbagi.Baca juga: Cara mengajarkan anak berbagi mainan

2.Berikan petunjuk visualAnak akan sangat mudah memahami visual yang ia lihat. Mama bisa memutarkan video seputar berbagi. Katakan pula padanya bahwa suatu saat ia juga membutuhkan seseorang untuk berbagi dengannya. Hal ini akan memberikan pemahaman pada anak bahwa berbagi bukanlah hal yang membuat ia jadi tidak punya apa-apa. Jika si kecil mulai marah ketika diminta berbagi, jangan memaksa dan memarahinya. Bisikkan pada anak mengenai pengalaman dan pelajaran yang ia dapat tentang berbagi.

3.Belajar mengaturCara ini tidak hanya mengajarkan anak berbagi, tetapi juga mengajarkan kepemimpinan pada anak. Mintalah anak mengatur waktu bermain jika harus berbagi. Misalnya membuat aturan setiap anak hanya boleh bermain selama 10 menit. Hal ini sangat membantu si kecil jika berada di kelompok sosial yang besar. Mama harus mengajarkan bahwa berbagi juga harus memerhatikan sisi keadilan. Cobalah untuk bergantian bermain dengan hitungan waktu di rumah.

Baca juga: 8 cara ajarkan batita berbagiCara mengatasi anak yang tidak mau berbagi harus dimulai dari rumah. Si kecil harus mendapatkan pengetahuan mengenai pentingnya berbagi dan apa manfaat yang ia dapat jika berbagi. Jangan langsung memaksanya berbagi. Jika langsung memaksa, si kecil bisa saja jadi pembangkang dan justru membenci teman sekitarnya. Hal ini sangat berdampak buruk bagi interaksi sosialnya.(Niken/Huffington Post)